Sopan Santun Itu Perlu

Jika bergurau sekalipun setidaknya peganglah yang namanya sopan santun, apalagi serius. Efek penggunaan kata-kata yang terkesan 'kasar' itu lumayan 'menyentuh' lho!

Saya pernah mencobanya beberapa waktu silam, hanya pengen tau reaksi orang-orang seantero internet itu seperti apa terhadap kata-kata 'kasar'. Intinya, malah saya dikata-katain dengan kata-kata yang lebih parah dan kasar walaupun apa yang saya sampaikan itu bisa dibilang 'benar' karena memang 'benar'.

Nah, apalagi ini disampaikan kepada anak-anak muda yang baru saja menamatkan sekolah menengah atas (lihat kata-kata di screenshot di atas). Kalo mereka baca tulisan seperti itu, setidaknya mereka akan kesal, marah, dan menyesalkan. Entahlah, saya pribadi sih merasakannya. Terlepas kata-kata seperti itu dianggap 'benar' di dunia nyata sekalipun, tetap saja kesannya "NEGATIF".

Kenapa? Apa tidak ada pilihan kata-kata lain yang lebih bagus untuk menyemangati mereka? Kata-kata yang efeknya ke otak berupa aliran arus "POSITIF", sehingga mereka tidak merasa menjadi 'beban' bagi orang tua dan keluarganya?

Berhati-hatilah dengan kata-kata. Jika kata-kata itu baik, insyaAllah efeknya juga baik, begitu pula sebaliknya. Memang bukan hak orang lain (termasuk saya) untuk mengatur apa yang harus anda ucapkan, tapi bukan hak anda juga mengeluarkan kata-kata yang kurang sopan kepada orang lain.

0 comments:

Post a Comment