Cairkan Hasil Adsense di Bank Syariah Mandiri

Tadi pagi rencananya mau mencairkan hasil dari Google Adsense di Kantor Pos Sambas. Lumayanlah ya saya pikir bisa dapat Rp.1.000.000,- (satu jeti) udah sangat-sangat saya syukuri. Karna kondisi badan kurang fit dan kebetulan di kantor lagi sepi juga, saya pikir biar siangan dikit datang ke kantor nggk apa-apa deh. Sekali-sekali kok, nggk tiap hari.

Seperti saran agan-agan yang udah pengalaman, cairkanlah kiriman Western Union lewat kantor pos dengan alasan nggk ada potongan sama sekali. Selain itu, jangan lupa mandi dulu sebelum berangkat ke kantor pos, dan usahakan berpakaian rapi agar tidak dicurigai macam-macam. Saran-saran itupun saya ikuti.

Setelah mandi dan berpakaian rapi serta sedikit harum, saya pun berangkat ke kantor pos di Kota Sambas dengan hati riang gembira tapi tidak sambil nyanyi-nyanyi. Sempat ketemu teman di kantor pos yang lagi ngurus pajak. Ah, kebetulan banget.

Karena ini pengalaman pertama, seperti biasa saya agak ragu-ragu mau minta blanko WU ke ibu pos. Setelah beberapa saat, saya pun mendapatkan blako penerimaan uang WU dan saya isi sesuai dengan data-data yang dikirimkan Mbah Google. Wah-wah, benar-benar lancar (pikirku). Eng ing eng!!! Jaringan di kantor pos Sambas tiba-tiba gangguan.

Tunggu punya tunggu punya tunggu, akhirnya normal lagi. Tapi dibilang sama ibu pos: "saya dulukan surat dulu ya, takutnya nanti gangguan lagi" (kira-kira seperti itulah terjemahan Bahasa Indonesianya). Wah, kenapa bisa begitu, kan saya duluan yang ngantri (pikirku lagi). Ya udah lah, sabar aja, demi sesuap nasi, ehhh... uang!

Setelah mendekati setengah jam di kantor pos Sambas, akhirnya tiba giliran saya. Ada lagi kendalanya. Bu pos nanya: "berapa rupiah yang dikirim dari sana?". Lha, kok malah ditanya begini, perasaan agan-agan lain nggk pernah ditanya deh yang beginian (pikirku lebih lanjut). "Emangnya musti tau nilai rupiahnya ya bu? Apa tidak bisa dicek langsung lewat website WU?", tanyaku balik. Ibu pos bilang: "biasanya yang ngirim dari Singapura begitu, dikasih tau nilai rupiahnya, nanti kami mencocokkan".

Ya sudahlah, daripada ribet disuruh nelpon yang ngirim, disuruh nanyain berapa rupiah yang akan saya terima, pas banget nggk ada pulsa buat nelpon Mbah Google, plus tidak tau berapa nomor telpon mbah, jalan terakhir ya mau tidak mau saya cairin di tempat lain.

Di luar kantor pos, ada teman pegawai pos yang sering ngantar kiriman ke rumah nyeletuk: "cairin di Bank Syariah Mandiri saja". Lalu tanyaku: "potongannya berapa?". Sambil 'bepongah' dia bilang: "cuma 6 juta potongannya". Hahahaha! Kami pun tertawa bareng-bareng. Ya udah, saya pun cepat-cepat bersepeda motor ke Bank Syariah Mandiri yang jaraknya cukup jauh, sekitar 200 meter.

Dengan langkah gontai, saya pun masuk ke Bank Syariah Mandiri Sambas lewat pintu depan, kalo lewat belakang nanti dikira mau maling. Pak Satpam dengan ramah dan senyum khasnya menerima kedatangan saya. "Pak, mau nyairin WU pak", seru saya. "Silakan ditunggu bentar pak, nanti ada CS-nya, silakan duduk dulu ya", dengan ramah beliau mempersilakan saya duduk di kursi empuk ruangan ber-AC.

Tak lama berselang, ibu CS yang cantik berkerudung pun mampir ke tempat tugasnya. Tak tunggu lama, langsung saya hampiri. "Mau nyairin WU bu", sapa saya dengan nada agak sedikit datar (bawaan udah kepa' bah). Dengan sangat ramah ibu CS pun melayani keperluan saya dalam proses menguangkan dollar yang dikirim Mbah dari jauh agar bisa saya belanjakan di Sambas. (Dalam hati saya tidak habis-habisnya mengenang kebaikan mbah).

Di hadapan bu CS Bank Syariah Mandiri Sambas yang cantik nan lagi jelita itu, saya diinterogasi layaknya tersangka, ehhh... salah, perasaan nggk gitu deh tadi. Bu CS cuma nanya MTCN, lalu saya jawab sesuai pesan mbah. Terus ditanya jumlah uang yang dikasih mbah, saya pun bisa menjawab dengan baik dan benar. Terakhir kali ditanya berapa nomor hp saya, akhhh... saya kok tiba-tiba jadi malu. (Lebay dikit napa). Persyaratan terakhir adalah KTP (syukur saya bawa). Huuuu... padahal tadi saya udah susah-susah fotokopi 2 lembar buat di kantor pos. Ternyata di Bank Syariah Mandiri Sambas tidak diminta fotokopi KTP, cukup unjukkan KPT asli, nanti bu CS yang copiin di Printer + Scanner di mejanya.

Tidak lama berselang, bu CS dengan cekatan mencatat data-data yang ada, dan tanpa lama-lama saya pun disuruh ke 'teller' untuk mengambil uang yang udah dalam bentuk tunai dan rupiah tentunya biar laku dibelanjakan di sini. Nah, di teller ada ibu yang cantik juga (sepertinya masih jomblo tuh), hehehe! Di sini juga tidak sampe 5 menit udah selesai. Sesuai dengan ketentuan bank, maka total tunai bersihnya dipotong dulu dengan biaya materai 6000 rupiah.


Alhamdulillah, saya sangat bersyukur, ternyata hari ini saya dibawa ke Bank Syariah Mandiri Sambas untuk bertemu ibu-ibu cantik dan satunya lagi seorang CS pria yang dulu pernah di BCA Sambas. Kebetulan sekali, waktu buka rekening BCA dulu yang ngelayani juga mas ini. Itulah, kita kadang tidak tau, atau kurang tau, atau tidak mau tau, ternyata setiap kesusahan ada hikmahnya.

Kesimpulan tulisan fiktif di atas:
  1. Cerita ini benar adanya, hanya saja di bagian-bagian tertentu telah dibumbui dengan rempah-rempah yang tidak terlalu pedas.
  2. Sebelum mencairkan kiriman uang dari mbah, jangan lupa 'berkemas' atau barangkali lebih ekstrim lagi 'berhias' lah di rumah. Persiapkan segala sesuatunya, terutama data-data yang dikirim Mbah Google.
  3. Berangkat dengan membaca 'bismillah' (sesuai dengan agama, keyakinan, dan kepercayaan masing-masing).
  4. Pilih tempat pencairan yang suasananya enak (khusus buat teman-teman di Sambas, jangan di kantor pos karena mbah google tidak bisa kita telpon untuk menanyakan berapa rupiah uang yang beliau kirim ke kita, di kantor pos tidak ada alat buat ngecek kurs).
  5. Oh iya, jangan lupa, bawa KTP atau tanda pengenal lain, tidak perlu bawa pas photo 3x4 lima lembar karena tidak ada dalam persyaratan pencairan WU di manapun.
  6. Bersikaplah ramah dan sopan pada siapa saja, baik kepada istri di rumah (ketika mau berangkat), kepada pak satpam (ketika masuk bank), maupun kepada ibu bapak pegawai bank yang melayani kita.
  7. Terakhir jangan lupa, ambil uang yang diberikan teller sambil berucap syukur (tidak perlu nyaring-nyaring pake TOA segala, cukup di bibir kecil atau dalam hati pun boleh), lalu pulanglah dengan hati yang riang gembira tanpa ada rasa sombong.
InsyaAllah, selamat sampe rumah. Semoga lain waktu bisa mencairkan kiriman mbah google lagi. Selamat telah PO.

0 comments:

Post a Comment