Kenangan Sepuluh Tahun Silam

Tiba-tiba teringat ke masa-masa lalu, sepuluh tahun yang lalu. Awal tahun 2000 itu masa dimana saya baru kenal internet. Datang ke Pontianak pengen jadi guru Bahasa Inggris. Tapi, ada tapinya nih. Sebelum perkuliahan dimulai malah yang pertama kucari itu 'internet', tepatnya warnet. Warnet pertama yang disinggahi itu namanya Phonet. Dengan sedikit paham komputer, untuk menjelajah internet otomatis tidak sulit. Teman setia diajak ke warnet itu namanya Wak Robi. Hehehe!


Walaupun tidak terlalu sulit, tapi tetap saja pengalaman pertama bikin email itu diajarkan oleh orang lain, tepatnya teman sekelasku di kampus. Namanya Lisa Fitrianti. Kalau lagi 'mIRC' namanya sering pake nick 'listia_f4'. Email yang lagi laris kala itu pake Yahoo! Mail, Telkom Plasa, dan Eudoramail. Lisa mbikinin email di Yahoo! yang sekaligus bisa digunakan untuk bikin website di GeoCities. Email pertamaku ini dibikin di Cybernet Untan (tarifnya Rp.1000 per jam). Kalo lagi nggk kul itu rajin ke Cybernet Untan pake YUSRA (cukup bayar 100 perak).

Ngomong-ngomong tentang GeoCities, bikin web di sini gratis, nggk besar sih (berapa ya, saya lupa, kalau tidak salah hanya 15 MB). Jaman ini blom ngetren yang namanya kamera digital, apalagi kamera hp. Kalau mau ngupload foto, pergi dulu ke foto studio, minta di-scan sama yang jaga warnet, disimpan di disket. Wehhh... flashdisk mana flashdisk?!!!

Website pertamaku di GeoCities tidak sempat ku-save sepenuhnya ketika GeoCities tutup. Hanya sempat save satu foto (sama kayak saat Friendster tutup dari layanan sosial medianya, nggk sempat nge-save foto-fotoku juga). Kala itu belum nge-trend yang namanya "blog", paling 'hebat' juga portal berita. Website statik malah bertebaran, bikinnya juga sekedar lewat template yang sudah tersedia di penyedia web gratisan.

Seingatku, setelah di GeoCities itu baru nyoba di iVillage dengan space yang udah lumayan gedhe, 25 MB. Hehehe! Dari iVillage, nyoba pake Tripod, lalu muncul pula BraveHost. Wohhh, masa-masa indah itu telah berlalu, takkan terlupakan deh pokoknya. Jangan tanya: "Google di mana?". Huhu, kala itu Google masih sekedar mesin pencarian alias Search Engine.

Dulu kita sering pake Yahoo! sebagai mesin pencari dan Email. Kala Google muncul, dengan fitur yang sangat sederhana rupanya malah menarik banyak user lho! Barangkali benar adanya "Simple is Beautiful". Space 100 MB untuk email itu udah sangat gedhe lho ya. Jangan dibandingkan sama space Gmail sekarang lah.

YM! Itu aplikasi buat chatting yang udah modern dikit lah. Duh, jadi ingat dulu sering banget ngejunk di room. Sebelumnya kan pake mIRC, klo sampe ngejunk jangan harap deh bisa lama-lama di room, pasti kena tendangan maut. Kalo di YM! paling disumpah serapah sama orang satu room.

Eh, kok jadi ngomongin chatting mulu ya. Pass banget juga sih, waktu itu lagi ngetrend lagunya "Si Romli Raja Chatting, punya gebetan namanya putri". Nggk nyangka kalo akhirnya jaman chatting itu pun berakhir. Masih ada nggk sekarang yang bilang: "asl pls". Tidak ada ya, jaman sekarang jamannya pesbukan.

Kira-kira kalo dirangkum ceritanya seperti berikut ini:
  • Andai geocities masih ada, pengen liat website pertama yang kubuat kala itu.
  • Jaman mIRC, chatting sama 'nak dore' Kapuas Hulu (sampe datang ke rumah tuh cewek cantik, bikin jantungan deh, seperti biasa jurus menggunakan teman sebagai tumbal). Ehehehehe! Harap maklum, waktu itu kepala lagi plontos, nggk pedean akh.
  • Jaman YM! (chattingnya moderen dikit), ngejunk di room.
  • Jaman susah nyari FREE Hosting, ampun dah, 25 MB gratis itu gmanaaa gitu rasanya.
  • Jaman Yahoo Mail (punya email address macam-macam, tapi jarang digunakan)
  • Jaman Google masih sekedar Search Engine.
  • Jaman warnet, nyari warnet termurah tapi koneksinya cepat (Vidr@ jadi primadona kala itu). Tempat ngenet: Phonet di Jalan Diponegoro, Cybernet Untan, Lab FKIP MIPA, Warnet M@RS di Tengku Umar, Lab Komputer Polnep, Warnet di dekat flamboyan klo nggk salah pernah dulu singgah di situ.
  • Jaman disket, jangan tanya flashdisk kemana.
  • Jaman komputer rental, dulu pernah ngerental di: Lab komputer di dekat perpustakaan Untan, Rental Gg. Sejahtera, Rental Sakkif di Sepakat, Lab Komputer Fisipol, Lab Komputer Fakultas Teknik, Lab Komputer FKIP MIPA, Lab Komputer Polnep, Lab Komputer Fakultas Pertanian, Lab Komputer Fakultas MIPA, Rental Tanjungsari, Rental Kompa Untan, Rental Jada Kotabaru, Rental di Perumahan Perdana, Rental di Bali Agung II.
Tahun 2004 saya berhenti kuliah, sempat vakum satu tahun lebih tidak pernah nyentuh internet. Harap maklum, di Sambas waktu itu satu-satunya warnet hanya Pedoman Komputer yang selalu penuh oleh anak-anak maen Game Online. Oh iya, hampir lupa, jaman itu jaman ngoplet (tapi nggk usah diceritain deh ya). Itu aja.

0 comments:

Post a Comment