Pertimbangan Pake Ubuntu / Linux

Sebelum benar-benar "terjun bebas" ke dunia Linux khususnya Ubuntu, ada baiknya dipikirkan dahulu semasak-masaknya. Terutama dan yang paling penting adalah kebutuhan anda dalam menggunakan komputer itu apa saja. Kita jangan bicara soal Free Open Source atau Proprietary dulu, tanpa harus membandingkan Linux dengan Windows dari sisi berbayar dan gratisnya. OKE lah kita sudah tau perdebatan soal itu takkan pernah habis-habisnya.

Hal utama itulah yang perlu kita pikirkan terlebih dahulu; "Keperluan Apa Kita Menggunakan Komputer". Kalau anda perlunya hanya ngetik dan ngeprint saja, sebuah komputer dengan sistem operasi "banyak jendela" sudah cukup buat anda. Berikut keperluan saya yang menyebabkan saya menggunakan Linux:

Security / Keamanan

Keamanan yang saya sebutkan di sini adalah tentang "virus", karena saya sudah cape' banget nginstal ulang terus kalo pake OS Jendelas (plesetan mode: ON). Saya tidak pernah merasa bebas dari virus, malware, dan adware plus spyware dan ware-ware lainnya ketika saya menggunakan OS Jendela, makanya pilihan hati saya jatuh kepada OS Penguin.

Utak Atik

Saya akui untuk urusan yang satu ini tanpa melirik penguin pun saya masih tetap bisa utak atik. Tapi, tunggu dulu! Utak atik di sini lebih saya tujukan untuk urusan seperti yang di atas, security (dalam bentuk apa saja - tidak perlu saya sebutkan, ntar malah vulgar urusannya.

Sensasi

Sensasi dan kepuasan memang tidak ada duanya. Setiap orang punya jalan sendiri-sendiri dalam mencapai kepuasannya, sedangkan saya sendiri telah memilih jalan di FreeOpenSource ini untuk kepuasan pribadi saya tentunya. Apakah berarti saya selama ini kurang puas dengan kinerja OS Jendelas? Yup!!!

Kurang puas bukan berarti saya langsung meninggalkan Jendelas saya begitu saja lho! Masih ada beberapa aplikasi yang belum saya temukan di Ubuntu untuk menggantikan aplikasi favorit buah hati saya di Jendelas. Sebagai seorang blogger sendiri, saya sangat mencintai aplikasi WLW (belum pernah saya merasa sangat menyayangi sebuah aplikasi pendukung dalam ngeblog saya seperti saya mencintai WLW).

Pengen Beda

Salah satu alasan pengen full 100% pindah ke Ubuntu (Linux) adalah pengen beda aja. Saya yakin, di kota kecil tempat saya tinggal ini (Kota Sambas) sebagian besar yang punya PC pasti ditongkrongin oleh Jendelas. Yang pake Linux? Pasti bisa dihitung dengan jari dan salah satunya adalah saya Blogger dari Sambas.

Kadangkala beda itu indah lho, apalagi untuk urusan yang satu ini. Nah, karena kita udah beda, otomatis kita harus mencari rekan yang sama dengan kita. That's the purpose, searching for friends more! Salah satu rasa yang ditimbulkan oleh beda ini adalah rasa bangga (bukan berarti sombong lho!).

It's Free!

Free bisa diartikan gratis, bisa juga artinya bebas, and I wanna Free My Mind! Pake Ubuntu serasa bebas, bebas dari virus, bebas dari maaf "perasaan bersalah". Kalau sewaktu menggunakan OS Jendelas, terus terang saja, banyak sekali menggunakan aplikasi illegal karena perlu crack dan serial yang bertebaran di website "bawah tanah" sana yang resikonya adalah terserang virus.

Nah, setelah menggunakan Ubuntu, that's all gone now! Tidak perlu lagi berkelana ke sana kemari nyari crack dan serial dengan potensi bahaya yang tinggi.

Dari alasan-alasan yang saya sebutkan di atas, yang paling utama sehingga membuat saya kesal dan langsung tancap gas menujur istana penguin adalah virus tadi. Walaupun katanya virus bisa berjalan di semua OS tanpa terkecuali di linux, tapi saya tetap meyakini pendapat bahwa di linux virus sulit berkembang. Bukan karena tidak ada yang berminat membuatnya, tapi karena memang belum banyak yang sukses menyebarkan virus di linux, apalagi linux distronya banyak, beda distro beda sistem (katanya).

Tentang virus di linux coba baca di sini, saya sangat sependapat dengan artikel tersebut.

Sampai sini dulu ulasan tentang perlinuxan, nanti tak sambung lagi. Terima kasih!

6 comments:

  1. lumayan lah tuk sampe agustus 2009

    ReplyDelete
  2. wah wah wah.... lengkap sekali, tapi filenya pasti besar kapasitasnya ya... gak mampu nih donlotnya, ya taulah gimana koneksi di Sambas, kata JMM itu "entet entet"... =))

    ReplyDelete
  3. mungkin salah sekolah yg dl ngajarinnya pake windows aja..walau di lingk kerja yg ditanya pasti bisa make word? powerpoint? atau photoshop? corel? etc? :mrgreen:

    pertimbangan lain mungkin: stlh pake linux yg legal, skrg bs protes kl ada yg bajak tulisan di blog tanpa etika, saya kan dah ngeblog pake linux?
    lucu aja kl protes tulisan/desain/programnya dibajak, tp kerjanya/bikinnya pake yg bajakan jg :D

    nanggung, sekali mampir langsung komen2 ah, pak
    tulisannya bagus2 bahasanya :)
    emang beda kl ilmunya seputar itu

    ReplyDelete
  4. tambahan:
    patulah saye sering ndak kebagian INFO Linux sekarang... ternyate.... :D

    ReplyDelete
  5. Klo majalah iye, siswa saye yg suke belinye. Memang saye anjurkan biak untuk belinye maklumlah dolo' di Sambas mseh blom ade koneksi internet ape agk warnet. Jadi utk care' artikel2 ataupun tutorial yg berhubungan dg pelajaran biak kepayahan. Tpi alhamdulillah skr warnet dah betabboran di Sbs jadi biak dah jarang beli2 majalah bukan ape jak mahal jua' hrgenye.:)

    ReplyDelete
  6. ye di, kadang2 saye kepikeran, singgah di toko tampat saye sering balli Info Linux tang cappat inyan dah habis... saye jadi bepiker, sape ajak be yg makai Linux di Sambas, ndak taunye jak di SMKN1 saknye...

    mantab lah mun gayye, maju tarrus tkj nye... \m/

    ReplyDelete