Transaksi Yang Lambat di Tokopedia

Bagi yang sudah beberapa kali transaksi di Tokopedia pada merchant yang 'gesit' pasti merasakan sedikit risih ketika menemukan merchant yang 'lambir' (lambat amir) dalam merespon dan mengirim barang yang dipesan. Beberapa toko sebelumnya lumayan cepat melayani pembelian saya, bahkan ada yang hanya dalam hitungan satu jam saja barang sudah dikirim.

Sayangnya, untuk dua pembelian terakhir ini rasanya mengecewakan sekali, respon seller lumayan lambat dan barang dikirim juga sangat lambat. Sepertinya Tokopedia terlalu longgar dalam memberikan tenggat waktu respon dan pengiriman barangnya. Waktu respon yang 3 (tiga) hari dan pengiriman 5 (lima) hari tidak cocok untuk buyer yang memerlukan barang cepat dikirim, karena celah ini bisa dimanfaatkan seller untuk mengulur waktu proses transaksi.

Seandainya waktu respon bisa dikurangi jadi 36 jam sejak pembayaran terverfikasi di Tokopedia, dan waktu kirim 48 jam sejak order disanggupi seller, rasanya transaksi tidak akan terkesan lambat dan merugikan waktu sang buyer. Proses transaksi yang lambat itu merugikan lho bagi buyer, apalagi ketika menemukan seller yang di saat-saat akhir melakukan pembatalan transaksi tanpa alasan sama sekali. Harusnya yang begitu diblokir saja dari Tokopedia, karena nanti terkesan Tokopedia bukan tempat yang nyaman untuk bertransaksi.

Berikut contoh transaksi yang bagi saya sangat merugikan waktu (walaupun pada akhirnya transaksi selesai):




Seperti terlihat di screenshot, barang baru dikirim setelah lewat 4 hari sejak verifikasi pembayaran di Tokopedia (3 hari setelah seller menerima order). Hal seperti ini yang nantinya membuat jenuh dan kesal, dan ternyata di toko lain pun sepertinya hal serupa terulang lagi ini:


Harapan saya kemaren biar akhir pekan bisa terima barang yang saya order, tapi sampai hari ini (Kamis, 18:36 PM) barang belum juga dikirim, maka harapan tinggal harapan deh. Mau tak lihat nanti seperti apa, jika diperlukan nanti saya bikin blacklist toko-toko (merchant) yang pelayanannya lambat.

4 comments:

  1. setuujugan, tokopedia lambat banget!

    ReplyDelete
  2. Bener gan..3 hari kelamaan.jadi penjual kok males.

    ReplyDelete
  3. Tokopedia tinggalkan saja, beralih ke buka lapak,, saya order sampe hari ini masih ngambang udah 3 hari.. Status masih proses, kacau

    ReplyDelete
  4. Nih ane kasih salah satu seller lelet di toped: Mul's Comic. Entah tuh review2 positive datangnya dari mane aye kaga ngarti. Leletnya minta ampun ni org. Udah 2 hari status pemesanan masih "sedang diproses" mulu, kaga dikirim-kirim. Ampun dahm

    ReplyDelete