Tips Menggunakan Template Gratis

Khusus pengguna Blogspot, ini adalah pengalaman pribadi yang saya alami ketika mengguanakan template gratisan yang tersebar banyak di luar sana. Sebagai Blogger yang tidak terlalu pandai mengutak-atik template, saya kadang kewalahan kalo suatu saat hosting file yang dimiliki oleh pembuat template ternyata habis limit per bulannya, atau memang file yang digunakan untuk mempercantik template yang dibikinnya hilang dari tempat hostingan karena bermacam-macam sebab musababnya.

Oleh karena itu, saya jadi kepikiran bagaimana caranya agar urusan bandwidth dan lost file ini bisa saya atasi sendiri dengan menghostingnya pada tempat yang saya miliki baik itu gratis maupun tidak. Asalkan lokasi penyimpanan file (baik itu gambar maupun java script) berada di tempat hosting pribadi dan hanya diakses dari template blog yang kita pake, saya rasa itu sudah cukup untuk keperluan mempercantik tampilan sebuah blog.

Ternyata triknya tidak lah sulit. Secara tidak sengaja saya melihat adanya file pendukung template ini berada pada folder masing-masing ketika saya menyimpan satu halaman tutorial ngeblog yang saya sukai. Ketika saya check ternyata benar, ada bermacam-macam file pendukung sebuah template yang bisa saya lihat di dalam folder tersebut:

takut kehilangan bandwith template

Jadi, ketika pertama kali kita mengganti template dengan template gratisan yang baru, dan berhasil menampilkan layout blog secara sempurna, SAVE lah satu halaman tersebut dan pastikan folder-folder yang berisi file pendukung template tersebut ada di tempat penyimpanan halaman itu. Contoh, save saja halaman depan. Kalau masih ragu (karena template termasuk dalam kelas Magazine) coba buka salah satu halaman posting dan SAVE halaman tersebut ke harddisk.

Jika suatu saat hosting yang mpunya template overlimit dan blog kita tampilannya amburadul gara-gara JPG kehabisan bandwidth, atau JavaScript tidak bisa diload. Sudah saatnya mengganti URL data-data ini dengan URL punya kita sendiri. Misalnya file JPG diupload ke Google Picasa, sedangkan JavaScript diupload ke akun Google Sites maupun Google Pages. Nanti tinggal ambil direct linknya dan ganti direct link yang terdapat pada template yang kita pake (template gratisan yang kehabisan bandwidth tadi).

hosting file template gratisan

Dengan cara seperti ini, kita berharap punya lebih banyak bandwidth karena file yang dihosting hanya diload dari blog kita. Beda cerita kalo kita memang orang yang suka utak-atik template untuk dibagikan ke teman-teman blogger lainnya.

NB:

Contoh di atas file .PNG nya tersimpan di Google Picasa, biasanya jarang kehabisan bandwidth, tapi kalo ragu ada baiknya diupload ulang ke akun Google Picasa yang kita punya.

1 comment:

  1. sip juga mbak, makasih juga udah ngasih komen..

    ReplyDelete