Install Driver NVIDIA di Linux Mint 13

Masih betah di Linux Mint 13 a.k.a Maya karena Pentium 4 jadul ini rasanya sudah terlalu tua untuk diupgrade ke OS anyar. Ya sudahlah, yang penting masih berfungsi normal. Cita-citanya kemaren pengen mengaktifkan kembali SkyNET yang sudah lama tidur. Sudah beberapa tahun ini memang jarang sekali dipake buat 'grabbing' apalagi 'ngintip' orang pacaran lewat email.

Karena si jadul ini juga terbilang lama mati suri diakibatkan beberapa komponen juga sudah rusak, akhirnya belanja juga peralatan jadulnya (seken) yang ternyata masih ada yang jual. Terlanjur pengen diperbaiki, prosessor sepertinya juga perlu ditambahkan dikit, VGA yang sudah hangus juga perlu diganti. Nah, karena VGA diganti saya kepikiran upgrade juga drivernya.

VGA yang saya gunakan ini pake AGP 8x 256MB nVIDIA Seri 6, bisa didownload di sini:

Seperti biasanya, file saya simpan di folder Downloads, dan karena lupa langkah tadinya dikomplain kalo xserver sudah running. Hehehe! Matikan dulu lah klo gitu:
sudo /etc/init.d/mdm stop

Oh iya, tadi saya sudah login pake ssh, jadi semua command saya jalankan lewat SSH di netbook. Setelah xserver di-stop, silakan eksekusi file NVDIAnya yang sudah di-chmod sebelumnya:
chmod +x NVIDIA*.run
sudo NVIDIA*.run

Nanti akan keluar langkah-langkah installnya:

Proses installasi sedang berjalan
Silakan diikuti sampe selesai, baru reboot.

Referensi Tambahan:
Install NVIDIA Drivers in Ubuntu

0 comments:

Post a Comment