Linux Mint 13 Remixed by Maxx

Linux Mint 13 Maya MATE Remixed by Maxx
Karena sering nyoba-nyoba distro, akhirnya saya putuskan untuk membuat satu remix dari Linux Mint 13 Maya MATE khusus buat Netbook Axioo CJM D823 supaya tidak cape' nyetting dari nol seandainya pengen nyoba distro lain nantinya. Saya pilih Linux Mint 13 Maya MATE ini karena berbasis Ubuntu 12.04 yang notabene masih support Cedarview DRM untuk driver VGA Intel.

Sudah saya coba ketiga versi Maya: Cinnamon, KDE, dan MATE. Namun, dari ketiga versi ini yang paling stabil adalah versi MATE. Beberapa kendala di versi lain misalnya Cinnamon sering error di display, sedangkan KDE error di Sound (sering hilang suara). Sedangkan bug di ketiga versi Maya ini adalah Wifi tidak bisa konek, dan solusinya dengan upgrade driver (install dari source code).

Hasilnya, ISO seukuran 1.4 GB pun jadilah. Cukup untuk keperluan install OS Linux di Netbook murah-meriah ini. Apa saja yang ada di Linux Mint 13 Maya MATE - Remixed by Maxx ini? Let's see!
  • Cedarview DRM > Installed
  • Wifi > OK
  • Wine > OK
  • Mono > OK
  • Burg > Installed
  • Super Boot Manager > Installed
  • Win2-7 Theme > Installed
  • Google Chrome > Installed
Dan beberapa fixing lainnya agar desktop stabil untuk digunakan dalam keperluan sehari-hari saya. Fitur lainnya secara default sama dengan yang ada di Linux Mint 13 Maya MATE original dari Linux Mint karena tidak ada aplikasi yang saya remove. Untuk kelanjutannya nanti barangkali bisa saya tambahkan driver-driver lain atau aplikasi lainnya, atau juga ganti temanya, dan lain sebagainya.

Mohon maaf, untuk image ISO file Linux Mint 13 ini tidak bisa saya share saat ini karena saya tidak punya koneksi internet yang bagus untuk mengupload filenya. Lain kali saja barangkali. Kecuali untuk teman-teman offline, silakan tak kasih gratis. Datang saja ke rumah. Hehehe!

Dah, gitu aja.

2 comments:

  1. mas ,selamat malem saya fariz,notebook saya axioo cjm w217 cu,saya instal ubuntu 12.04 kok vga nya 800x600 buat game juga berat kayak supertux.mungkin ada solusi mas linux yang cocok buat notebook saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malem juga mas Fariz. Untuk VGAnya jangan lupa install Cedarview DRM nya. Search aja di Synaptic dengan keyword: cedarview untuk menginstallnya.

      Delete