Setting Modem HP di Ubuntu

Tadi sore iseng-iseng beli kabel USB untuk hape jadul saya, SGH D-510, gak sengaja terlihat di Pedoman (tempat langganan saya beli peralatan komputer) Sambas. Setelah melihat ada gambar hape saya di box nya langsung saja tak beli seharga Rp.50.000,-. Lumayan lah untuk seorang hobbist. Hehehehe...

Tadi sempat liat CD-nya di toko, for Win ofcource. So, where's the support for Linux or especially for Ubuntu? Don't care!

Gak peduli (saya pikir) mau ada atau tidak software pendukung di dalam CD installasi drivernya. I've the tools! The internet! Walaupun sempat pusing gak tau cara nginstallnya di KPPP, dah saya coba satu-satu modem yang ada juga gak mempan, akhirnya berselancara sebentar (gak nyampe 5 menit) dapat referensinya.

Ternyata caranya tidak sesulit yg saya duga. Simple sekali malahan.

Caranya, koneksikan hape dengan USB Cable (setting di hape sebagai modem). Setelah itu baru buka Terminal. Ketikkan perintah berikut:

dmesg

Akan terlihat devices yang ada di daftar panjang peralatan yang ada. Ternyata modem hape saya terdeteksi: /dev/ttyACM0. Kalau sudah terlihat modem kita, tinggal setting wvdial. Ketik ini:

sudo wvdialconf

Secara otomatis akan terinput ke "default" di wvdial setting koneksi yang akan digunakan untuk koneksi internet. Tinggal edit secara manual wvdial.conf nya pake perintah berikut:

sudo gedit /etc/wvdial.conf

Masukkan parameter koneksi internet sesuai operator yang digunakan. Finish deh! Selamat mencoba (Resiko tanggung sendiri, hehehe... )

3 comments:

  1. haduh kok belum jelas yah saya..http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/20.gif

    ReplyDelete
  2. sebagai pemula dalam menggunakan ubuntu 12.04, saya punya masalah dalam koneksi internet yang suka putus-putus, terkadang ada permintaan pasword berulang-ulang padahal sebelumnya semuanya baik-baik saja. kira-kira apa sebabnya ya? saya menggunakan dua sistem operasi, saat mencoba di win7 semua okey.
    heru,,
    samalantan, bengkayang, kal-bar,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang jelas juga apa penyebabnya, saya juga kadang mengalami hal serupa, solusinya hanya dengan menghapus koneksi lalu bikin lagi yang baru.

      Delete