Asal Usul Petualanganku

Saya mulai kisah "jatuh cinta" saya kepada Ubuntu. Mudah-mudahan bisa memacu rekan-rekan untuk ikut ambil bagian dalam membudayakan Open Source OS seperti Ubuntu.

Saya mulai dari sini ya: Ubuntu Web

Pertama kali mengenal Linux saya taunya hanyalah Mandriva (kalo gak salah waktu itu masih ada Mandrake). Waktu pertama kali coba masih berupa Live CD tanpa installasi sama sekali. Tampilannya yang lumayan lebih bagus daripada "Jendela" membuat saya ingin menjajal si Penguin lebih jauh lagi.

Penasaran dengan Linux, saya beli majalan INFO Linux di Kota Sambas (waktu itu saya masih tinggal di Paloh - rumah mertua). Linux pertama yang saya install ke harddisk waktu itu adalah SuSE yang membawa lambang Cameleon alias bunglon. Tampilan yang gak bisa saya atur membuat saya tidak betah bersama si bunglon, apalagi bunglonnya bisu (hardware audio saya tidak dikenali atau mungkin kodeknya yang gak ada waktu itu).

Saya pindah ke lain distro, Freespire. Sebuah distro turunan Ubuntu. Terkesan dengan tampilannya yang bagus dan bisa saya optimasi dengan monitor murahan CRT saya, akhirnya saya bertahan di Freespire (tapi tidak lama juga).

Saya putuskan untuk nyari distro lain yang masih juga turunan Ubuntu, ada Linux Mint (Darryna dan Cassandra), OpenGEU, dan beberapa distro lain yang pernah saya coba install. Alhasil, masih saja kurang puas. Akhirnya saya putuskan untuk konsen pake Ubuntu asli (bukan turunan).

Saya menemukan website ini: Ship IT

Dari website inilah semua petualangan dimulai secara konsisten sampe sekarang saya merasa mampu meninggalkan semua yang berbau Windows (kecuali software yang bisa dijalankan di Wine). Saya minta kepada web tersebut untuk mengirimkan CD Desktop Ubuntu Feisty Fawn (7.04) - ternyata dikirim dan saya hanya perlu membayar pak pos seharga Rp.5.000,-.

Feisty ternyata belum bisa menyuguhkan semua yang saya perlukan. Saya request lagi CD Ubuntu lainnya, Hardy Heron (8.04). Setelah CD nyampe ke rumah, hampir beberapa lama CD ini tidak saya utak-atik, sampe suatu hari saking sebel terkena virus mulu pake "Jendela", saya coba Install Ubuntu 8.04 ini.

Hasilnya memuaskan. Saya pelajari kembali beberapa cara koneksi internet yang gagal saya praktekkan di seri Ubuntu FF. Alhasil, saya bisa konek pake Bluetooth HP dan Modem CDMA Venus-VT12 saya. Girangnya bukan main, kayak jatuh cinta pandangan pertama aja... hehehe...

Akhirnya petualangan itu pun berjalan sampe sekarang. Faktor utama yang menghalang saya untuk menggunakan Ubuntu telah terpecahkan yaitu masalah koneksi internet. Semuanya terasa bebas.... tidak ada lagi belenggu yang mengikat keinginan saya untuk migrasi full ke linux (Ubuntu).

So, I say, Goodbye Windows........... Rest in Peace!

4 comments:

  1. He,he,he....
    Kejam dikau ( nye window ye bang )....

    Kalo saye sih make Debian bang, khusus utk server berbasis mikrotik, dan itu lebih susah dibanding Linux yang lainnya, karena fungsinya hanya utk sistem, ngga bisa dipake utk daily use.
    Ngga ada yg namanya theme dll.

    Utk daily use, sy masih pakai produk Om Bill Piracy,he,he...kan daerah kite ndak ada raziany, kalo razia motor banyak??!!!!

    ReplyDelete
  2. :D sampat kemaren toko Pedoman tampat saye langganan alat2 komputer nanya2 soal Linux.... mungkin dah ade tande2...

    alhamdulillah, barok jak lakak saye belajar LAN dari mulai mbuat kabel cross nye sampai settingnye di Ubuntu... jadi koneksi EEEPC dah bise ngambil dari desktop yg berfungsi sebagai server...

    ReplyDelete
  3. akhirnya update juga..
    waktu iye sampat aku donlot linux mint, dak jaoh bede dgn ubuntu,,tapi ade aplikasi google earth grotis.hehe..
    cobe rekues kubuntu sitok
    https://shipit.kubuntu.org/ sape tau laing agek..

    ReplyDelete
  4. kubuntu hanye bede di KDE nye day, mun Ubuntu kan pakai GNOME ye... aku blom sampat nginstall Google Earth, malar lupak nak melodingnge we... (nye JMM)

    ReplyDelete