Siap Migrasi Full to Linux

Setelah utak atik sana sini di Ubuntu 8.04 ku ini, akhirnya setahap demi setahap saya mulai siap untuk migrasi sepenuhnya ke Linux. Beberapa fitur yang hilang ketika dengan "nyaman" saya nikmati bersama mikocok sudah hampir semua terkover di Ubuntu. Beberapa fitur tersebut adalah yang seluruhnya berkaitan dengan hobby saya yaitu parabola dan blogging.

Untuk berparabola saya sudah mendapatkan pengganti DVB Dream yaitu Kaffeine, namun untuk SkyNet dan SkyGrabber masih dalam proses pencarian sehingga masih belum bisa menggunakan fasilitas grabbing di Ubuntu Linux. Sedangkan untuk blogging sendiri saya putuskan untuk menggunakan ScribeFire sembari mencari aplikasi lainnya yang lebih User Friendly lagi.

Keputusan untuk migrasi ini bukan sebuah keputusan yang gampang rasanya. Namun, dengan niat dan tekad untuk menggunakan OpenSource dan Linux serta berusaha menjadi penggagas penggunaan Linux di Sambas, insya Allah dalam waktu dekat ini I will say goodbye to my fellow OS before this... Kebetulan juga Windows XP bajakan yang saya pake udah korup sehingga setiap kali download file pake Freedownloadmanager hasil downloadnya bakalan korup juga setelah direstart, dan saya tidak berniat untuk install ulang lagi XP nya... Cape' deh!

Walaupun keputusan migrasi ini gak gampang, tapi Linux itu gak sulit kok. Asal ada kemauan untuk belajar, saya rasa siapapun bisa makenya (termasuk saya lho.. hehehe.. narsis banget). Kalo saya banyak otodidak aja plus bergaul di forum dan suka googling kalo ada masalah dan perlu penanganan segera. So, stop kemalasan, dan jangan malas mengupgrade diri. ("Jangan malas mengupgrade diri" ini saya dapatkan dari rekan saya BP = Planko, thanks to you brother and I then reach what I want).

Kalau ada rekan-rekan di Kota Sambas yang menggunakan linux dalam kegiatan komputasinya sehari-hari dan nemu tulisan saya ini, sharing pengalamannya yuk. Buat rekan-rekan pengunjung www.budiarno.com ditunggu sharing ilmunya (tentang Linux tentunya).

Semoga bermanfaat!

6 comments:

  1. wah ada nambah lagi korban linux nih.. :)
    awas lho ketagihan

    ReplyDelete
  2. saking ketagihan, saya coba install ulang windows untuk mencoba booting kembali Ubuntu setelah diinstall Windows dan kehilangan grub loader, dan berhasil... tapi blom sempat saya posting...

    ReplyDelete
  3. Klo mau belajar nginstal linux ato unix pake VM-Ware ato Virtual PC aja bro jadi ndak ngerusak system yg udah ade. Klo saye dolo' blajar pakai program iyelah, jdi klo salah kite tinggal hapus jak. Malah kitte bise install banyak system operasi di dalam PC ato laptop kitte klo dah bosan tinggal delete ajak.

    ReplyDelete
  4. Utk ngisntall dual boot system atapun multi boot system di dalam 1 kompie, apa lagi diantara system tersebut ade S.O. Windows maka pastikan Windowsnye diinstall terlebih dahulu barulah system operasi yang lain nyusul. Nanti untuk grub loader nye tinggal kite edit dan tentukan O.S yang mane yg akan menjalankan Grub Loader tsb.

    ReplyDelete
  5. kalau pake VM-Ware pc saye ndk mampu, ram nye kekacikkan bang... jadi saye dolok pakai Qemu jak, iye pun jalannye mintak ampun lambat inyan...

    alhamdulillah sekarang dah full time di Ubuntu, jadi Windows dah jadi mase lalu... :D

    ReplyDelete
  6. wah sudah berhasil ya...
    posting dong tutorial migrasi fullnya biar kita dapet ilmu dan yg posting dapet pahala, insyaAlloh

    ReplyDelete