Antara Hoby, Belajar, dan Keinginan

Setelah berpikir ulang, ulang, dan ulang, baru saya nyadar selama ini saya selalu bermain-main di blog, dan kurang serius memperhatikan nasib blog ini. Terlalu sibuk untuk mengembangkan banyak blog dalam satu waktu, padahal kemampuan dan waktu yang saya miliki tidak seimbang dengan keinginan tersebut. Sudah saatnya untuk berhenti bermain (sudah hampir setahun usia blog ini dengan domain www.budiarno.com) dan sudah saatnya mulai memperlakukan blog ini secara serius.

blog

Banyak bertamu ke blog teman-teman di kancah tulis menulis online, baru saya sadari bahwa rangking blog yang kita punya itu ternyata penting (padahal sejak nulis di blog dulu saya sudah tahu namun tidak terlalu peduli). Rangking di search engine (google), rangking di Alexa, dan yang juga teramat penting adalah rangking di mata manusia yang mengunjungi blog kita (that’s the visitor who come with comments).

Saya terlalu cuek selama hampir setahun ini untuk memperhatikan jumlah pengunjung dan komentar yang masuk, padahal salah satu tujuan dari blog itu sendiri adalah untuk menyampaikan informasi yang bisa ditanggapi oleh pengunjung. That’s how a blog live longer and alive! Bayangkan blog dengan tulisan sebagus apapun kalau tanpa pengunjung, maka bisa dipastikan blog itu tidak punya ‘roh’, the blog is a living dead.

Hari ini saya coba (belajar lagi) untuk merobah tema blog ini. Dengan memfokuskan tulisan pada blog ini, maka segala jenis tulisan yang terlintas di kepala saya akan termuat ke sini. Untuk blog lainnya yang saya tulis secara terpisah dan spesifik akan terfokuskan untuk update informasi tentang kondisi di kampung (Pedada ku) saja. Menata kembali tujuan yang sempat saya abaikan selama beberapa bulan ini, mudah-mudahan bisa menulis dengan lebih baik dan lebih teratur.

Belajar dan terus belajar, di blog ini semua pembelajaran akan tertuang: Make Money Online, Satellite TV, Blogging, Linux Ubuntu, dan lainnya, semuanya dalam proses pembelajaran. Title itu pula yang saya usung untuk blog ini karena di situlah aktivitas sehari-hari yang saya jalani yang bisa saya tuangkan ke dalam tulisan. Belajar dan terus belajar, Long Life Education (that’s the most valuable lesson I took when I were at the university).

Semua hobby yang saya tekuni selama ini juga telah, dan akan selalu tertuang di blog ini. Hobby yang tak bisa saya tinggalkan, bermain dengan peralatan tv satelit. Itu hobby utama yang selalu saya usung di blog ini. Belakangan semangat saya nyari uang online bangkit lagi (thanks to bang Dedi J or DeeJee), padahal selama 6 (enam) tahun sudah saya kubur dalam-dalam keinginan itu. Eh, ternyata bangkit lagi (kayak film horor aja ya, mati bangkit… Ihhhh seerrreemmm… hehehe.. ). Itulah makanya blog ini bakal pake dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang masih juga dalam proses pembelajaran.

Mudah-mudahan antara hobby, belajar, dan keinginan bisa berjalan berbarengan.

0 comments:

Post a Comment