1 Muharram 1430 H – Part1

Giliran mau melaporkan event setiap tahun yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Muharram di Desa Pedada, yaitu Hari Raya Ketupat. Biar tidak terlalu panjang kata pembukanya, langsung saja pada sesi foto-foto yang telah sempat saya ambil sambil jalan ketika perayaan sedang berlangsung. Mohon maaf jika terjadi penyalahgunaan nama, atribut, maupun foto-foto dari orang-orang tua yang tadi pagi (29 Des 08) saya ambil menggunakan hape Samsung D510 saya. Silakan dinikmati! Jangan lupa klik pada gambar untuk melihatnya dalam resolusi yang lebih besar.

Dedicated to rekan-rekan yang sedang berada jauh dari Desa Kelahiran yaitu Desa Pedada, sebuah Pelipur Lara buat mereka. Acara dimulai:

 Photo-0103_1 Photo-0104_1
Acara perayaan kali ini diwarnai dengan hujan rintik-rintik air bergelombang dua bola kecil setengah lingkaran (ehhh… kok malah nyanyi???). Iya benar, pada pagi tadi hujan rintik mengguyur Desa Pedada sehingga terpaksa jalan pakai payung. Syukurlah jalannya sudah mulus karena sudah diaspal.

Photo-0105_1 Photo-0106_1
Warga dari RT 7 dan 6 sudah mulai bergerak menuju ujung, yaitu RT9 (RT Sanen molah sorang sikaligus Pak RT-nye)… Hehehe… maksudnya RT8 paling ujung. Kebetulan start tahun ini kami “kena” rumah Ibu Fitria (sebelum PAM). Terlihat di foto, sebelah kiri (payung violet ada Ning Kamal), dan sebelah kanan (baju biru) ada Morni.

Photo-0108_1Photo-0107_1 
Seperti biasanya, warga menyambut dengan antusias yang tinggi pada perayaan tahun baru 1 Muharram ini. Di kiri ada Ammok (coklat), dan Ning Jarno (Pink). Di kanan warga sedang melihat daftar nama mereka per kelompok sekalian rumah-rumah yang bakal disinggahi, kali ini ada 4 kelompok.

Photo-0109_1
Terlihat di foto samping, pakai topi warna putih serasi dengan baju kemeja warna putih plus sedikit kotak-kotak gambar, Cik Goddot berjalan dengan langkah tegap majuuuu…

Jaaalllaaannn!!!!






Photo-0110_1Photo-0111_1
Setibanya di Gerotak Doem (alm), kita berkumpul untuk mendengarkan pembacaan daftar anggota per kelompok… Di kiri pakai baju putih dan songkok plus payung “dikappik”, Ning Andon sedang membacakan Tim-nya. Di kanan, ada “Cik Lek”, ehhhh… Dekulen nak lewat, ntar ade foto laingnge..

Photo-0112_1
Haaaa…. ini baru benar, Cik Lek sedang membacakan daftar anggota Tim 1 untuk siap-siap naik ke rumah Pak Su Sani… ehhh… salah (nye Cik Lek) disambut dengan tawa meriah para anggota.. tapi ke Rumah Ibu Fitria.

“Sah lupak Urang Botuuuu… Lek!!!”




Setelah pembacaan masing-masing masuk dalam Tim / Kelompok mana, kita pun siap-siap menuju rumah pertama seperti yang diinstruksikan Cik Lek.

Bersambung…!!!! ke Part2

0 comments:

Post a Comment