Memindahkan Home Folder ke Disk

Sudah sekian lama juga menggunakan Linux, khususnya Linux Mint, akhirnya baru beberapa hari ini bisa sepenuhnya menginstall Linux tanpa harus berdampingan (dual boot) dengan Windows. Sejak semula, saya sudah berusaha untuk tidak kembali menggunakan Windows, namun tetap saja godaan dengan alasan beberapa aplikasi tidak tersedia di Linux yang hanya ada di Windows dulunya selalu menghantui. Alhasil, saya selalu menggunakan dual boot untuk sekedar menggunakan aplikasi tertentu.

Nah, setelah kepikiran untuk memindahkan folder /home ke satu partisi (disk), akhirnya partisi yang tadinya berisi sistem operasi Windows 7 saya korbankan, dan jadilah netbook Axioo ini single OS dengan sistem operasi tetap Linux Mint 13 (Maya). Belum bisa pindah (upgrade) ke versi di atas karena versi setelah 12.04 ubuntu tidak mendukung lagi VGA Intel yang menggunakan PowerVR.

Partitioning / Home / Moving

Di atas adalah link ke guide cara memindahkan folder home ke sebuah partisi. Langkah-langkah di situ tertulis dengan sangat jelas. Silakan diikuti. Berikut ini screenshot yang telah saya lakukan untuk memindahkan folder /home saya di Linux Mint 13 (Maya):

Memindahkan file di /home
Mount /home ke partisi
Setelah Reboot
Folder /old_home aman dihapus
Saya ikuti semua langkah-langkah di guide, dan hasilnya seperti di pic ketiga. Well done!

0 comments:

Post a Comment