Install Windows 7 di Nebook Axioo CJM D823

Akhirnya karena beberapa hal, Windows 7 pun terinstall di Netbook Axioo CJM D823 murah yang saya beli beberapa bulan lalu. Hanya saja, untuk penggunaan rutin saya tetap lebih memilih Linux Mint Olivia.

Salah satu alasan menginstall Windows 7 adalah ketika ditanya perihal Window 7, maka setidaknya saya punya sesuatu untuk saya oprek. Terus terang, itu Windows 7 bajakan lho ya, lisensinya tidak ada, hanya pake loader.

Dalam proses installasi kemaren memang ada sedikit kendala menginstall Windows 7 Ultimate ini, terutama ketika proses deteksi harddisk yang tidak bisa menemukan driver (saya install dari USB Flashdisk karena tidak punya DVD Player External). Mau tidak mau, prosesnya dengan menginstall Windows XP terlebih dahulu, baru setelahnya diinstall Windows 7. Silakan yang jago ngoprek bikin ISO yang udah include drivernya.

Selebihnya, kendala installasi rasanya tidak ada lagi. Apalagi satu set netbook Axioo ini sudah include cd driver yang sekaligus cd installasi ubuntu. Jadi, tidak perlu lagi nyari-nyari driver di situs axioo yang speed downloadnya sangat terbatas itu (tidak sampe 10 KB/s di IDM).

Seperti saya bilang tadi, saya lebih memilih Olivia ketimbang Windows 7. Alasan saya karena memang telah terbiasa menggunakan Linux. Belum sepenuhnya selesai dioprek sih untuk Olivianya, terutama menyangkut kemampuan 3D Acceleratornya. Sedangkan di Windows 7 sudah OK lah, memutar file HD sudah lumayan lancar (saya test di 720p saja, untuk 1080p saya ragu kemampuan netbook ini).

0 comments:

Post a Comment