www.budiarno.com selesai diluncurkan

Akhirnya, setelah menunggu tidak lebih dari 24 jam, website www.budiarno.com berhasil saya luncurkan, masih menggunakan tema yang sama yaitu “ngeblog”. Sebenarnya tidak punya niat sama sekali untuk masuk ke dunia .com, tapi melihat kegiatan ngeblog yang saya jalani kian hari kian ke arah yang lebih serius, maka saya rasa pertimbangan untuk membeli sebuah domain dot com adalah pilihan yang terbaik. Tau nggak inspirasi atau pemikiran ini didapat dari mana? www.gorgeousinspirations.com ?

Benar sekali! Ketika Diar (webmaster sekaligus ownernya) posting tentang kesulitannya karena keterbatasan space di hosting yang dia gunakan saat ini untuk weblog www.gorgeousinspirations.com tersebut, saya jadi teringat pernah baca tulisan tentang setting Custom Domain di Blogger, tepatnya di sebuah blog yang menggunakan Blogger juga sebagai hosting dan hanya beli domain saja, tepatnya lagi adalah www.o-om.com.

Nah, dari situlah mulai terpikir untuk membeli sebuah domain. Selain “katanya” blog kita akan kelihatan “Professional”, juga kita akan terlihat lebih serius dalam pengelolaan blog tersebut (itu juga salah satu dari tulisan yang saya baca di O-OM). Kata professional di sini mungkin lebih tertuju kepada si empunya blog, begitu pemahaman saya ketika membaca ebook dari “John Chow Dot Com”.

Mungkin ada rekan-rekan yang ingin menanyakan, kok tidak menggunakan “Maxx Vision” padahal blog ini kan awalnya menggunakan “maxx-vision.blogspot.com”? Bukankah kata “maxx” itu sendiri adalah sebuah “brand’ yang sudah sekian lama ini saya bangun? Hoho… tunggu dulu!

Bukannya saya tidak mau menggunakan ‘image” tersebut, tetapi kebetulan sekali www.maxxvision.com sudah ada yang ngambil (punya orang lain, kalo gak salah orang Jerman). Padahal niatnya kemaren emang kepengen menggunakan nama atau tepatnya alamat (URL) tersebut. Sedangkan kata “maxx-vision.com” (menggunakan pemisah hyphen) tidak saya check dan kalaupun masih “available” rasanya kurang pas aja. Sempat kepikiran untuk menggunakan “Pedada” yang diambil dari nama Desa Pedada (kelahiran saya), namun masih tetap kurang pas. Ya, begitulah, ada saja rasanya yang kurang.

Setelah melalui proses berpikir panjang (ya… gak panjang-panjang amat sih, cuma 2 x 24 jam kok, hehe…) dan timbang sana timbang sini, saya putuskan untuk menggunakan nama sendiri “budiarno” sebagai nama domain dot com yang akan saya beli. Gak sabaran rasanya kemaren mau pulang ke rumah (di Sambas) karena pada hari itu saya masih di kampung (Desa Pedada) sehabis mengikuti acara “saroan nikahan Sani” (laporan menyusul).

Pendaftaran saya lakukan pada hari Senin, 15 Desember 2008. Seketika setelah mendaftar saya langsung utak-atik perangkat (tools) yang diperlukan untuk launching situs weblog yang baru ini. Sekalian pada pukul 15.00 wib pada hari tersebut saya langsung transfer biaya pendaftarannya. Pukul 5 sore (17.00 wib) saya check email. “Domain telah aktif”, wah cepat sekali pikir saya. Hebat! Eh, tapi tunggu dulu! Status aktif belum tentu bisa dibuka lho..! Benar, saya coba browsing ke www.budiarno.com memang belum bisa menampilkan blog yang telah saya buat sebelumnya di Blogspot. No problem!

Setelah baca-baca lagi ebook dari O-OM tentang Custom Domain dan browsing ke blog yang sudah lebih dulu menggunakan custom domain, akhirnya saya bisa bernafas lega. “Proses minimal 24 jam atau lebih sampai 48 jam”, nah lho. Benaran, saya tunggu saja hingga keesokan harinya apakah benar-benar sudah aktif.

Ternyata benar, bahkan belum sampai 24 jam www.budiarno.com sudah AKTIF! Horeee… ini adalah web dot com pertamaku lho… makanya gembiranya bukan maen! Pukul 16.00 wib saya coba browsing untuk memastikan benar-benar telah aktif.

Jadi, buat yang punya blog di Blogspot, ayo jangan sungkan-sungkan. Google sudah menyediakan semua fasilitas buat kita kok (saya bahas lain waktu), jadi mengapa tidak dimanfaatkan semaksimal yang kita bisa?

Thank you for reading!

2 comments:

  1. hhehe.. thank you pak day... teruskan perjuangan mencari Yamal bersama Jong Maman...

    ReplyDelete
  2. Bagus juga blognya
    Terimakasih atas di masukkan link saya di sini

    Sukses selalu

    ReplyDelete