Cek Mat Adventures - Update 2014

Menambah kan kembali beberapa cerita karangan asli dari teman kita di Pancor (Ilham Meteora) dalam update ebook "Cek Mat Adventures" yang tentunya masih dikemas dalam bahasa 'setengah'.

"Setengah" yang dimaksud disini adalah penuturan bahasa daerah Sambas (khususnya di seputaran Kec. Teluk Keramat dan Tangaran) yang dibunyikan mirip-mirip Bahasa Indonesia.

Tidak ada maksud untuk menjelek-jelekkan bahasa mana pun (berhubung dulu pernah ada yang protes, kok bahasanya gitu), karena bahasa ini memang pernah ada di kalangan anak-anak muda di daerah yang saya sebutkan di atas. Hanya saja, barangkali penuturnya sudah jarang dan 'punah'. Hahahaha... emang apaan pake punah segala.

Intinya, ebook ini adalah kumpulan cerita-cerita karangan "Cek Mat" Ilham yang 100% idenya memang dari beliau. Kemungkinan, hanya beliau ini satu-satunya yang bisa menulis (mengarang) dalam bahasa ini. (Kebetulan saya juga belum pernah menemukan tulisan yang mirip gaya bahasanya).

Baiklah, jika pengen baca, silakan download dari link berikut:
Cek Mat Adventures - Update 4 Maret 2014 (PDF)

Kalau tidak mengerti bahasa asal (bahasa Sambas; red), kemungkinan besar akan kesulitan dalam mengerti gaya bahasa Cek Mat ini. Apa-apa pun, Enjoy!!!

0 comments:

Post a Comment