Flexinet di OpenWRT

Terima kasih kepada Sdr. Mang di Forsat yang udah ngebikinin image untuk router TP Link MR3420 dengan fitur default Luci+Modem Support dan bahkan plus OScam. Sangat berguna sekali.

Hari ini sakit juga telinga diomelin 'mantan pacar' gara-gara dianya gak bisa nonton NCIS akibat dari saya yang suka bawa modem ke kantor. Hehehe... mau gimana lagi, modem GSM-nya hanya satu sih. Daripada pusing, saya beliin pulsa flexi aja. Pake modem Venus VT-12 yang pada masa jayanya memang sangat berguna buat pembelajaran dan penjelajahan internet yang saya lakukan.

Setelah isi pulsa, lalu beli paket bulanan 50K. Setelah itu, setting router dan konek. Done! Saya tinggal ngantor.

Sepulang dari kantor, saya kira koneksinya lancar jaya, tetapi katanya malah tersendat-sendat koneksinya ke server. Hihihi... ! Login ke Luci ternyata memang benar, si modem putus nyambung setiap 1 menit 40 detik. Itu-itu terus kejadiannya sampe saya bosan ngeliatnya. Aduh, ada apa lagi ini (pikirku)? Googling nyari permasalahannya di "LCP terminated by peer", nemunya banyak banget. Tapi, dari sekian banyak solusi yang ditawarkan, hanya satu solusi yang bener.

Awalnya saya kira permasalahan ada di "lcp-echo-interval" di ppp-options. Saya robah-robah angkanya sampe pegal gak juga berhasil. Tetap saja koneksinya putus sambung. Salah saya juga sih, Googlingnya gak spesifik ke permasalahan di OpenWRT. Akhirnya, saya googling lagi pake keyword ini:
LCP terminated by peer site:forum.openwrt.org

Hasilnya "positif" (bukan hamil ya), hehehe! Ternyata solusinya sangat mudah apalagi yang ditambahkan hanya sedikit kata:

noipdefault
Sisipkan kata ini di bagian:
Network >> Interfaces >> WAN >> PPP Settings >> Additional pppd options

Save and Apply!

Koneksi akan lancar dan tidak putus lagi setiap 1 menit 40 detik.

Done! Semoga bermanfaat!

3 comments:

  1. saya praktekan tapi kenapa tidak berpengaruh ya dengan openwrt+EC1261-2 (flexi)
    koneksi sering putus dengan waktu yang singkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah berobah lagi barangkali config flexinetnya. Terakhir saya pake Flexinet mereka pake server berlapis, koneksi jadi lambat banget di tempat saya yg masih CDMA 1x.

      Delete
  2. wah, ini anehnya punya saya disconnect dalam waktu singkat, ga sampe 1 detik dia disconnect lagi
    ini lognya mas https://www.dropbox.com/s/7me4o16iijadal2/error.txt

    ReplyDelete