Driver Kabel USB Nokia 1110

Tadi sore gak sengaja salah setting di network router (OpenWRT). Akhirnya panik karena router gak bisa diakses. Failsafe juga gak berfungsi gara-gara setting vlan0 dhcp option nya ngawur. Hehehe... salah saya sendiri karena gak teliti liat tutorial.

DHCP yang ngawur itu menyebabkan proses konek dari PC ke router jadi gak selesai-selesai. Bingung, akhirnya nyari kabel usb-to-serial yang pernah saya gunakan untuk transfer file lagu ke Nokia 1110 (jadul banget ya?!). Potong kabelnya (sesuai saran teman di Forum Satelit, di bawah 1 M). Ada 4 kabel yang terdiri dari warna: Biru, Putih, Hijau, Cokelat.

Saya ikuti saja dari postingan bro StarSky, dengan konfigurasi sebagai berikut:
Biru (Tx) ke Rx (router)
Putih (Rx) ke Tx (router)
Hijau (GND) ke GND (router)
Cokelat 3.3V ke 3.3V (router)

Sebenarnya saya tidak tau pasti apakah ada arus di kabel ke 4 (cokelat) karena saya sama sekali tidak mengukur tegangannya (hanya mengandalkan logika). Saya anggap saja hijau itu bumi, jadi saya hubungkan ke GND (ground), sedangkan merah saya kepikiran ke arus listrik.

Ketika mau dicoba, baru saya ingat kalo driver kabel ini sudah tidak ada di saya. Googling dapetnya Driver Prolific yang gak sesuai dengan kabel tersebut. Nyari di djawir ada postingan tentang kabel Nokia 1200, di sana ada link ke rapidshare dengan nama file "usb_driver_1200". Saya klik ternyata file not found. Ya udah, coba-coba aja googling lagi pake keyword "usb_driver_1110", dan ternyata ada yang nyimpen di file sharing web (tepatnya di 4shared). Thanks God!

Berikut linknya:
USB Driver 1110

Semoga bermanfaat!

4 comments:

  1. jadi ceritanya udah berhasil nih flash via kabel serial + LAN?

    ga panik lg dong kalo "router brick" hehe..

    ReplyDelete
  2. iya mang... hehehe...
    biar mudah jika ada hal-hal yg tidak diinginkan terjadi...

    ReplyDelete
  3. waduh router q ngebrick, kalo pake kabel data universal bisa gak yah pak? soalnya didaerah saya gak ada yg jual kabel data DKU5/CA42

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya pake kabel data yang udah teruji aja...

      Delete