Jangan Asal Copas Ya!!!

Kemaren gak sengaja nemu sebuah tulisan, isinya sama banget dengan yang pernah saya tulis, judulnya aja yang dirobah dikit. Setelah baca kalimat per kalimat kata per kata, saya yakin sekali itu tulisan saya. Oh no!!!! Apalagi di bawahnya tertulis alamat blog saya di televisisatelit (blogspot juga) tanpa “Link Back”. Tidakkkk!!!

Saya tidak marah dengan ulah seperti itu, tapi paling tidak mohon buat rekan-rekan online yang ingin “copy paste” tulisan saya, kasih tau dulu ke saya lewat posting sebuah komentar ato lewat email. Paling tidak saya tau duluan sebelum tulisan saya di re-post di blog rekan-rekan. Jangan lupa juga, Link Back itu penting lho buat seseorang yang tulisannya dikutip baik sebagian maupun keseluruhan.

Paling tidak link back itu bisa menambah nilai sebuah blog yang anda copas. Meng-kopas tanpa ijin jika suatu saat diketahui oleh yang punya tulisan juga gak enak bagi yang punya tulisan. Seolah-olah karyanya gak dihargai. Dan jika memang ingin ngopas ada baiknya di awal tulisan diberikan sedikit prakata dulu yang menceritakan tentang asal usul tulisan tersebut (ini lebih afdol jika artikel yang anda copas tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada yang punya).

Untuk rekan-rekan yang ingin memposting ulang artikel yang saya tulis, harap komentar dulu ya, bilang aja pengen kopas. Di postingan tersebut jangan lupa mencantumkan link ke postingan yang rekan-rekan kopi tersebut. Itu aja kok aturan maennya, gak rumit-rumit amat khan?

Thanks!

3 comments:

  1. kalau mau copas ..permisi dulu boss.. Trima kasih gitu dgn yg nemuin dulu_an.. cocok ngak bang..

    ReplyDelete
  2. ;) benar sekali mas boy, paling tidak, dengan cara itu kita menghargai rekan-rekan kita yg telah nemuin duluan itu \m/

    ReplyDelete
  3. rasanya baru ini ketemu postingan yang memposting kesalahan orang lain yang rasanya gx perlu di ungkap, ntar yang kopas tw sendiri kq...biarin ajah kan blog ini gx bakal turun trafic nya cuman gara gara dicopas postingan nya...yg penting maju terus, yang laen biar mbah google yang ngasi hukuman nya....

    ReplyDelete