Ubuntu 8.04.1 LTS Desktop Edition

Photo-0042_1 Hari ini saya pulang kantor agak sorean dari biasanya. Gak sengaja ngeliat bungkusan putih pake kertas yang ada tulisan Canonical. Wah… pikir saya, ini pasti CD Ubuntu seperti yang pernah saya terima setahun yang lalu. That’s right! Namun versinya kali ini beda, udah 8.04. Kalo dulu masih 7.04.

Namun, kali ini saya tidak akan membahas tentang Ubuntu sampe jauh ke akar-akarnya.

Seperti paket Ubuntu yang pernah saya dapatkan dulu, kali ini isinya juga mirip dan dikirim dari tempat yang sama, Belanda. Bedanya juga, kalo dulu saya nerima CD ini sewaktu masih tinggal di rumah mertua (Paloh), sekarang saya tinggalnya di Sambas dan yang menerima langsung adalah isteri saya.

Pak Pos, kata isteri saya, sempat terheran-heran sampe nanya sebenarnya pekerjaan saya ini apa. Hehehe… Pak Pos gak habis pikir kok sampe bisa saya dapet kiriman dari Belanda. Mungkin ini baru pertama kali nih ada orang dapat kiriman barang dari Belanda, ye… ge er ni ye..

Tapi, sampe subuh ini saya blom nyoba apa saja fasilitas yang ditawarkan Ubuntu versi 8.04.1 ini. Yang jelas, Desktop Editionnya sesuai dengan yang saya pesan beberapa bulan yang lalu. Saya hanya berharap beberapa fasilitas yang bisa saya dapatkan di “Banyak Jendela” juga hadir di Ubuntu, karena secara keseluruhan terus terang saja saya sangat tertarik untuk pindah ke Ubuntu.

Saya sudah nyoba berkali-kali untuk migrasi, tapi tetap saja gagal. Alasannya simple kok! Saya gak bisa, atau tepatnya blom bisa mengoperasikan bluetooth di Ubuntu. Beberapa versi turunan ubuntu yang pernah saya coba masih tetap gagal melakukan “Dial Up” untuk saya gunakan dalam berinternet menggunakan bluetooth. Sedangkan Modem Venus VT-12 yang saya pake bersama Flexi, juga blom tersedia juga sehingga tidak bisa saya gunakan.

Harapan saya, paling tidak fasilitas tersebut lah yang utamanya hadir di Ubuntu sehingga saya bisa full 100% pindah ke Open Source dengan label Ubuntu. Okelah saya lupakan dulu WLW (blog client kesayangan saya), jika memang tidak ada aplikasi sejenis di Ubuntu. Toh, dengan bisanya berinternet menggunakan bluetooth saja, saya sudah senang dan bisa leluasa berselancar. Untuk urusan selanjutnya, SS2 (SkyStar2) DVB-Card saya, insya Allah sudah ada dukungan di Linux dan Ubuntu, tinggal tweaking dan nyari info lebih banyak saja kok walau masih belum “khattam” juga.

Berikut dokumentasi foto saya tadi sore:

Photo-0038_1

Photo-0039_1

Photo-0040_1

Photo-0041_1

Terima kasih telah membaca tulisan saya ini.

0 comments:

Post a Comment