Selamat Hari Guru Nasional

Ingatkah kita siapa yang telah menjadikan kita seperti sekarang? Bisa baca, bisa tulis menulis, bisa memahami sebuah ilmu pengetahuan dan lain sebagainya. Siapa yang mengajari kita? Siapa yang mendidik kita menjadi manusia dan insan mulia? Siapakah yang turut berperan di dalamnya?

Guru! Ya, para guru lah yang telah menjadi bagian dari serentetan tingkat demi tingkat yang kita lalui sehingga kita bisa dan bahkan serba bisa. Tapi, pernahkah terpikir oleh kita tentang nasib para guru di luar sana? Tadi pagi nonton berita di tv, sempat saya terpegun melihat nasib seorang guru yang sekaligus kepala sekolah ternyata merangkap seorang pemulung hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Siapa mereka yang sangat “unlucky” ini? Mereka adalah guru swasta dan guru honorer! Kapan mereka diangkat menjadi PNS? Tidak tahu! Nasib mereka ternyata lebih banyak yang tidak dipedulikan, kasihan sekali, sedih rasanya.

Tidakkah terketuk pintu hati rekan-rekan guru PNS yang sudah menikmati gaji sebagai Pegawai Negeri untuk melakukan yang terbaik dalam bidang pekerjaannya itu? Mengapa masih saja ada guru PNS yang nangkring di pasar maupun warung kopi padahal masih pada jam mengajar? Betapa perilaku seperti ini tidak mencerminkan semangat seorang guru dan tidak mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Di kala rekan-rekan guru yang “menderita” membaktikan hidup mereka demi memajukan pendidikan di negeri ini, masih saja ada sebagian yang lain yang telah berada dalam “kenikmatan” yang mungkir pada tugasnya.

Salut rasanya pada para guru yang tetap semangat mengajar walaupun imbalannya tidak seberapa. Tapi, haruskah nasib mereka ini tetap seperti ini tanpa kepedulian pemerintah? Kapan pemerintah benar-benar bisa memberantas KKN? Sehingga tidak ada lagi istilah “suap” atau “jual beli” sebuah pekerjaan.

Berjuanglah para guru, tanamkan rasa kejujuran pada anak didikmu, tanamkan rasa malu di hati anak didikmu untuk melakukan tindakan haram, tanamkan rasa setia pada bangsa dan negaranya agar mereka kelak bisa menjadi insan pembangunan bagi negeri ini.

0 comments:

Post a Comment