Pilih Blogger atau Wordpress?

Hampir setengah tahun saya bingung mo netap di mana dalam dunia blogging. Pengen terus netap di Wordpress ato pindahan ke Blogger/Blogspot. Pada masa itu saya jadi gak tentu arah dalam ngeblog, belum lagi ditambah dengan munculnya keinginan “memonitize blog” yang saya kelola. Runsing banget deh pikiran saya.

Tapi, tak ingin terus dibawa arus hanya karena kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing blog hosting. Pilihan saya akhirnya jatuh ke Blogger/Blogspot. Apa alasan saya memilih Blogger? Khan lebih enak ngeblog di Wordpress, user friendly banget lagi gitu loh..!!!

Awalnya terus terang saja karena “monitizing blog” yang saya coba beberapa waktu lalu (dan masih tetap saya jalani). Namun, di tengah perjalanan tersebut (hehe... kayak adventure aja ceritanya), saya terpikir tentang betapa Blogger bisa dikreasikan “template”-nya semau kita walaupun sifatnya hanya berupa FREE Bloghosting. Ini awal dari semuanya.

Berkreasi dengan template (theme kalo di Wordpress) menjadi faktor utama yang menarik saya untuk sepenuhnya memindahkan aktivitas blog saya di Wordpress ke Blogger. Template bisa diatur sesuai selera kita asalkan kita kreatif saja. Tidak seperti di Wordpress (free hosting), dimana template ato theme hanya sebatas yang tersedia/disediakan oleh team wordpress.

Kalo dari segi fasilitas lain, yang saya gak temukan di Blogger adalah fasilitas askimet (untuk memblokir spam), tapi insya Allah Blogger aman kok dari spamming (sejauh ini). Fasilitas yang minus di Blogger juga adalah “stat”, dimana Wordpress telah mengintegrasikan fasilitas ini pada engine mereka sehingga kita mudah melacak apa saja yang membuat pengunjung sampai ke blog kita. Untuk mengatasinya, kita (di Blogger) harus menggunakan layanan dari pihak ke-tiga yang pada hasilnya saya rasakan dalam loading blog menjadi agak lambat. Sebut saja Feedjit dan Hitstat.

Untuk widget atau gadget lain yang bisa dipasang di Blogger rasanya gak kalah dengan yang ada di Wordpress gratisan. Gak masalah lagi buat saya. Tambahan lagi, sekarang WLW yang saya pake udah gak masalah lagi buat posting foto langsung ke Picasa Web, everything working fine now. Kan lebih enak gak perlu mikirin space buat foto/picture dan file posting itu sendiri, karena keduanya terpisah di Blogger. Bukankah sampai saat ini kapasitas or space yang bisa kita pake di Blogger itu tetap mejadi misteri?

Jadi, saya putuskan untuk eksis saja di Blogger/Blogspot. Untuk Wordpress, saya pending dulu, insya Allah di lain waktu jika ada kesempatan saya akan ngeblog lagi di sana, paling tidak yang saya harapakan hanya bisa memodifikasi template or themenya saja sudah cukup. Thanks!

0 comments:

Post a Comment