HackShare.Org Bermasalah Di RumahWeb

Setelah lima tahun ini saya mempercayakan layanan domain saya di Rumahweb, barangkali 'tragedi' awal Oktober 2013 ini mulai meruntuhkan kepercayaan saya kepada mereka untuk melanjutkan proses berlangganan di sana. Nyaman memang selama ini, namun hanya karena sandungan kecil ini hati saya jadi risau, kalau-kalau hal ini akan berulang ke domain-domain saya berikutnya. Apa itu? Ya, status domain saya HackShare.Org yang dikasih label "Fraud" benar-benar telah mengganggu kenyamanan saya.

Domain HackShare.Org Telah Diparkir

Tadinya saya bisa berpikir jernih setelah mendapat jawaban dari pihak Rumahweb yang dengan eagernya pengen bantu saya menghapus sebuah link yang 'katanya' masuk kategori phising. Dengan penuh harap status domain saya bisa kembali seperti sebelumnya, normal bukan fraud lagi, saya pun reply kalo VPS yang saya gunakan untuk webhost domain HackShare.Org itu telahpun dihapus oleh pihak penyedia layanan VPS (yang juga bahkan melakukan penghapusan itu secara sepihak).

Saya pun melakukan pengecekan terhadap URL yang pihak Rumahweb berikan yang diduga sebagai link phising, dan benar adanya link tersebut telah dilaporkan sebagai link phising oleh someone out there ke website phistank. Saya pun harap maklum dalam hal ini, karena saya juga terus terang tidak tau menau kalau script php yang ada di link tersebut mengandung phising. Namun, tadi di Phishtank juga telah dihapus linknya, barangkali udah di-flag dengan label 'solved' karena secara kan memang linknya udah tidak aktif lagi.

Nah, yang saya tunggu kabar baik dari pihak Rumahweb. Mengapa sampe siang ini belum juga dirobah statusnya dari fraud ke active. Malah sekarang diparkir pula. Oh, apa maksudnya kok bisa begitu?

Seandainya memang udah aturannya, saya berharap pihak Rumahweb segera menuntaskan dengan menghapus domain tersebut dari Rumahweb, sehingga saya bisa membeli kembali HackShare.Org dari penyedia jasa layanan domain yang lain. Toh di Indonesia atau bahkan di dunia ini bukan hanya Rumahweb yang menyediakan jasa layanan pembelian domain. Masih banyak tempat lain untuk saya order.

Status 'fraud' ini bener-bener tidak enak bagi saya, bikin malu bener dah. Toh saya juga tidak melakukan apa yang pihak-pihak terkait 'tuduhkan' sebagai phising. Belum pernah sekalipun terniat untuk melakukan hal demikian.

Jika sampe besok pagi tidak juga berobah, terpaksa saya mundur secara teratur dari Rumahweb, dan siap-siap mengganti nama domain saya dengan nama baru dan di tempat layanan pembelian domain yang baru pula. Tidak khawatir harganya lebih mahal, atau lebih murah sekalipun. Toh yang saya cari selama ini adalah pelayanan yang manusiawi, tidak terpaku kaku pada aturan yang kadang lebih merugikan konsumen.

Bagaimanapun, ada beberapa hal yang bisa saya pelajari dari pengalaman ini, mudah-mudahan tidak berulang di kemudian hari.
  • Pihak penyedia layanan vps terlalu kaku dengan tidak memberitahukan pokok permasalahan sebelum melakukan 'cancel' pada vps yang saya sewa. Paling tidak dengan memberikan informasi letak salahnya di mana.
  • Pihak penyedia layanan domain juga terlalu kaku, dan bahkan terkesan kurang manusiawi dengan melakukan suspend yang juga tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, langsung main blokir saja.
  • Untuk saya sendiri, saya terlalu lama merasa nyaman dengan layanan mereka sehingga sampai tidak memperhatikan kalau di luar sana masih ada tempat lain yang lebih baik untuk berlangganan.
Itu.

4 comments:

  1. hahaha.. senasib..
    akun 4shared saya yang berisi file-files yang saya kumpulin bertahun-tahun, juga dibaned permanen dengan alasan ada files yang saya langgar copyright nya..
    gak pake warning files mana yang bemasalah..

    ambil dah sana.. hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha, bener-bener tragedi oktober dah. Mau nyari tempat beli domain yg baru dulu. Dua domain lainnya udah saya request duluan untuk didelete biar nanti saya order dari tempat lain. Kalo tiba-tiba dinonaktifkan lagi tanpa notice kayak gini kan bikin nggk ikhlas ngelepasnya, dah gitu nggk bisa dipake lagi gara-gara mereka parkirin. Ck ck ck!

      Delete
  2. sama gan, 2 web yang ane develop 2 tahun lalu juga bermasalah, sungguh terlalu rumahweb ini,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, tadinya saya pikir cuma saya saja yang kena masalah seperti ini, ternyata saya tidak sendirian. Nggk nyangka juga saya, soalnya saya langganan di RW udah lumayan lama, namun harus berakhir seperti ini. Saya hanya menyayangkan satu hal, RW tidak memberikan notifikasi ketika ada permasalahan, padahal jika awal-awal dikasih tau maka domain saya itu masih ada harapan untuk diselamatkan.

      Delete