Koneksi Hancur-hancuran

Beberapa hari terakhir, koneksi internet sangat tidak memuaskan di Sambas (Kalimantan Barat). Satu-satunya yang bisa diharapkan hanyalah koneksi dari operator CDMA (Flexi) yang baru beberapa bulan ini muncul di Kota Sambas dan beberapa ibukota kecamatan lainnya. Itupun koneksinya tidak murah, masih tidak memenuhi kebutuhan kantong cekak seperti saya. Apalagi aktivitas internet yang saya jalani selama ini sangat padat seiring dengan beberapa tugas yang saya lakukan di forum dan blog.

Indosat dengan produk Mentari dan IM3 sakit parah. Koneksi gprs tidak muncul sama sekali walaupun “sinyal Kuat”nya merambah sampai ke desa-desa yang terbilang “remote”. Tak banyak yang bisa diandalkan dari operator gsm ini. Walaupun terkadang sinyal gprs muncul, tapi tidak stabil dan sering putus-putus hanya dalam hitungan menit atau bahkan detik. Kejadian ini sudah berlangsung sejak dua Idul Fitri silam. Ada apakah gerangan wahai Indosat? Are you tired of giving your service here? Padahal dulu (sebelum koneksi kek gini, Indosat adalah koneksi favorit saya lho!

Operator yang ikutan tidak bagus sinyal gprs-nya adalah XL. Tidak bagus karena selain tarifnya “selangit” dibandingkan operator lainnya yang ada, ternyata koneksi juga hampir serupa dengan Indosat, parah, putus sambung juga. Syukur-syukur jika sinyal gprs-nya masih sering muncul ketika dicek ke homepagenya.

Operator terakhir yang beberapa bulan terakhir ini menjadi andalan dalam koneksi internet saya di Sambas ternyata ikut-ikutan bawa penyakit. Kalau dulu sering bikin pusing karena tarifnya mahal (koneksi bagus), sekarang malah sering error padahal tarif sudah sangat terjangkau dan memperhatikan rakyat kecil. Dengan hanya membeli paket Telkomsel Flash 5 MB seharga Rp.2500,- (promo), kita bisa terkoneksi ke berbagai situs favorit kita baik lewat hp maupun PC. Namun, sayang seribu kali sayang. Saking murahnya tarif ini ternyata tidak diimbangi dengan service atau layanan koneksi yang memuaskan. Sudikah anda ketika sedang asyik chatting dengan seseorang tiba-tiba saja terjadi DC? Oh tidak, what happen to you Telkomsel?

Syukurlah masih ada si Flexi, walaupun tarif masih terbilang rada mahal (di bawah tarif si XL), tapi paling tidak bisa dijadikan alternatif terakhir ketika pesaingnya yang telah menurunkan tarif seharga sebungkus permen (hehe..). Tak ada akar, tali pun jadi… ehhhh… kebalik, “tak ada tali, akar pun jadi”… terpaksa menghidupkan kembali pepatah lama yang sudah jarang kedengaran saking susahnya hidup belakangan ini. Jangan tersinggung ya!

Untuk menggunakan layanan internet menggunakan Flexi (telkomflexi), minimal kita punya pulsa sisa: Rp.5.000,- kalo gak, koneksi gak nyambung-nyambung. Settingnya sebagai berikut:

APN : kayaknya gak ngaruh, kosongin aja bisa kok, tapi kalo mo nambah di Modem Properties, kasih ini aja: AT+CRM=1
Username: telkomnet@flexi
Password : telkom

Eh, ini bukan promo loh… gak ada kaitannya ma pihak operator, 100% Free of advertising, hehe! Oya, tarifnya sekarang kalo saya cek pake Modem Venus VT-12 saya adalah Rp.1.9999999,- per KB atau kita bulatkan saja Rp.2,- per KB-nya. Lumayan, daripada tidak punya koneksi sama sekali. Selamat berselancar ria!

0 comments:

Post a Comment