BBM-an di Netbook Lewat Android SDK

Setelah melihat teman-teman pada menginstall BBM di Android dan pada akhirnya 'bagi-bagi PIN', sekaligus nanya PIN, akhirnya saya menyerah juga. Ikut juga deh install BBM dan mendaftarkan diri untuk mendapatkan pembagian PIN dari BlackBerry.

Hanya saja, ketika saya coba di Samsung Galaxy GT-S5360 yang dikabarkan berhasil diinstall di sebagian ponsel android karena udah diporting untuk GingerBread, ternyata tidak bisa diinstall kecuali ROM diganti pake CM7. Hasil installasi BBM di CM7 itu pun ternyata mengecewakan karena aplikasi tidak bisa dipake, selalu 'forced close'.

Sepertinya batasan-batasan yang dibuat oleh BB pada BBM untuk Android lumayanan ketat, misalnya: minimal handheld Android OS sudah ICS dan pake Armv7. Untuk yang masih menggunakan Armv6 yang sabar ya, kapan-kapan barangkali ada yang melakukan porting lebih bagus dan barangkali ada yang bisa bongkar file-file library armv7? Ya, barangkali saja ada yang care dengan gadget low end.


Walaupun tidak punya handheld yang canggih, tapi tetap saja penasaran dengan BBM. Asyiknya di mana gitu lho! Pengen juga punya pengalaman ber-BBM-an ria (kali aja seasyik mIRC jaman dulu dulu). Nah, untuk itu saya coba saja menggunakan Android SDK, install BBM di emulator dan dapatkan PIN BBM setelah menjalankan BBM tersebut. Urutannya sebagai berikut:
  1. Install Android SDK
  2. Tambahkan Emulator lalu start atau bisa juga dijalankan lewat commandline (untuk speknya, minimal RAM 768 MB)
  3. Install BBM.apk lewat "adb"
  4. Jalankan aplikasi BBM yang telah terinstall di emulator dan registrasilah untuk mendapatkan PIN.
  5. Silakan bagi-bagi PIN ke teman-teman.
Selamat menikmati BBM lewat PC. Maaf kali ini saya tidak menyajikan tutorial step by step secara detail. Sekali-kali nulis yang ringkas dan membuat teman-teman "sibuk" barangkali lebih baik daripada step lengkap dari nol. Lain waktu saja saat saya punya waktu luang barangkali saya bisa bahas lebih lengkap dan detil.

Enjoy!

2 comments:

  1. Keren...cocok buat yg msh make HH ginger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan buat ngilangin penasaran bang, maunya si Ginger disupport, tapi sepertinya sulit karena BBM juga tidak opensource.

      Delete