Asal Mula Sushi (Nasi Kepal Jepang)



Tiap mendengar nama Sushi, pasti mendesing di telinga anda itu radakan orang Jepang. Atau pun orang kebirahan itu nama wanita ceramut. Nang senginyannya Sushi berasal dari Lubuk Bagak. Entaraan Pancur dan Sebayung.

Pada jaman nek kerepon, orang jepang tersesat di sebuah dusun bernama Lubuk Bagak. Dia merupakan tukang masak laskar jepang yang kebocoran ban pesawat cibiknya lalu tesusuk di cabang getah tangkalan seorang nenek tua. Dia berjalan dan terus berjalan sampai kepak dan hengas. Ketika dia ingin duduk, diliatiknya ada dangau, dia pun senyepat bangkit lagi. Mungkin di sia ada air minum. Benar sangkaannya, di dangau ia ada orangnya dan dia pun minta air minum. Nenek ia mengautkan air dari dalam bandi pakai geluk purung kelapa.

Setelah dia minum, nenek ia bertanya kepada orang jepang ia, apa cerita sampai orang jepang ia tesesat. Karena bahasa asa nak lain, nenek ia mengambil corong ajaib yang terbuat dari buah simbak yang bisa menterjemah bahasa secara otomatis. Setelah mendengar cerita sedih dari orang jepang ia, nenek tadi menyuruhnya gara bermalam rang seminggu apa.

Tiap pagiari nenek ia membuat sarapan. Sarapannya sangat sederhana. Nasi hangat hangat taik ayam dikepalnya. Lalu disiramnya pakai sambal pecak belacan ditapuiknya ikan tempusuk segar. Dan ternyata orang jepang ia kesukaan, sampai-sampai tiap hari makan nasi kepal.

Tak lama setelah ada tumpangan pesawat. Orang jepang ia pun bepadah balik ke kampungnya. Dia sangat berterima kasih dan berjanji akan rajin membuat nasi kepal gara ilang saluk dengan nenek ia.

Setelah di jepang. Orang ia pun ingin membuat nasi kepal. Tapi ada masalah. Belacan dan tempusuk tidak ada jualannya. Lalu dia menggantinya dengan sayur dan ikan. Sejak ia nasi kepal menjadi favorit dalam keluarganya. Dan dia menamakannya "Sushi" singkatan "tempusuk nasi".

Nak ngeramput juok.

NB:
Ide dan Cerita Asal > Ilham
Illustrasi Gambar > Nasi Kepal Jepang / Onigiri

0 comments:

Post a Comment