TP-Link MR3420 dan OpenWRT

Ceritanya karena ada masalah di firmware ori TL-MR3420, koneksi internet saya sering putus sambung sekian menit. Dapat info dari teman forsat (bro Mang), katanya dia flash routernya pake OpenWRT. Nah, jadi kepengen coba deh. Apalagi OpenWRT kan Linux, hehehe... Ini yang bikin saya suka, the Freedom!

Cape juga settingnya, awalnya pengen nyerah dan pake firmware ori dari TP-Link saja. Tapi, dengan menguatkan semangat, akhirnya bisa juga. Flash firmware orinya tidak sulit, hanya upgrade dari web interface punya TP-Link pake file factory.bin dari OpenWRT, selesai. Hanya saja, prosesnya tentu tidak selesai sampe di situ saja. Karena router ini berlabelkan 3G/HSDPA maka yang paling penting tentunya harus bisa konek ke internet lewat modem 3G/HSDPA seperti halnya ketika pake firmware ori.

Berikut screenshot hasil install router TP-Link MR3420 menggunakan OpenWRT dan web interfacenya menggunakan WebInf (X-WRT).


Satunya lagi saya coba pake LuCi, tapi lupa ngambil screenshotnya keburu saya install ulang pake firmware tanpa web interface. Pengen coba install web interface dari nol soalnya. Hehehe...!

Segitu aja, dilanjut nanti klo udah pas semuanya.

Referensi:
Installasi OpenWRT ke TL-MR3420
Setting Modem 3G/HSDPA

4 comments:

  1. sippp, biak sambas ke??


    http://iwansatkom.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. iye bang... saye biak Pedade (Teluk Keramat)

    ReplyDelete
  3. masih pernah DC ga mas semenjnak pke OpenWRT untuk koneksi Modem 3Gnya ??

    ReplyDelete