Mantab - PLN Sambas Kekurangan Daya


Tinggal tidak lebih dari 500 M dari Kantor Bupati Sambas ternyata tidak menjamin pasokan listrik dari PLN bakal bagus dan memuaskan. Sudah beberapa bulan ini (tepatnya sejak Idul Fithri 2010), kondisi pasokan listrik dari PLN Sambas sungguh buruk dan bikin naik darah.

Bagaimana tidak, setiap hari selalu dihadapkan dengan yang namanya penurunan voltase. Jangankan komputer, lampu saja seringkali kelap kelip saking hebatnya kondisi kelistrikan saat ini. Huhu... apa yang terjadi? Masa' berlangganan listrik 1300W tapi tidak bisa mengetik dengan rasa aman kalau tiba-tiba listrik padam lalu hidup lagi dalam kejapan mata. Sungguh sangat tidak nyaman! (Mau nulis postingan ini aja kondisinya parah banget, hidup mati terus berulang-ulang, UPS gak bisa hidup karena arusnya gak nyampe 220V).

Lha, kapan kondisi seperti ini akan terus berlangsung? Sudah segitu parahkah kondisi PLN saat ini? Katanya sejak pimpinan diganti, ada peningkatan kualitas pelayanan PLN. Tapi buktinya mana bos? Apa hanya setiap bulan puasa aja yang bisa menikmati listrik tanpa pemadaman bergilir dan tidak ada penurunan voltase? Wow, berarti setahun hanya ada satu bulan pelayanan PLN pada kondisi full prima. Good luck!

Kalau kondisi ini terus berlanjut, gawat sekali! Artinya, PLN malah tambah parah dari tahun-tahun sebelumnya. Setiap hari voltase turun naik gini siapa yang bisa nahan emosi? Saya aja saat ini udah sangat gerah, pengen 'dibom' aja tuh kantornya pake telor. Wkwkwk... Just kidding my bro!

Saran saya buat PLN terkhusus PLN Sambas, ada baiknya penambahan pelanggan dipikirkan lagi sebelum D-A-Y-A mu tercukupi untuk seluruh pelosok Kabupaten Sambas. Perbaiki jaringan yang sudah ada, kalo gak sanggup hidup seharian penuh lebih baik jangan dipaksakan deh. Apa gunanya listrik hidup tapi gak sampe batas wajar untuk hidupnya peralatan listrik yang ada (di bawah 220V - standar umum peralatan listrik di Indonesia = 220V).

Sepertinya pemadaman bergilir 3 s/d 4 jam lebih wajar ketimbang hidup terus malah bikin peralatan listrik pelanggan cepat rusak. Kalo mampu menambah mesin pembangkit malah lebih bagus lagi! Hehe... Be real!

0 comments:

Post a Comment