Password Facebook Bisa dihack?

Ini kejadian yang menimpa teman kantor saya yang hobby main Poker dan kadang-kadang juga menghasilkan uang lewat permainan ini. Kabarnya, teman saya ini kemaren lagi asyik main Poker dan menang banyak. Jadi, ketika temannya minta dikasih “modal”, ada kesalahan saat pembagian uang karena temannya ada yang pindah duduk di meja permainan maya ini.

facebook phising

Tak lama berselang, entah apakah gerangan, Facebooknya tidak bisa diakses alias “wrong or invalid password”. Dengan berat hati, teman saya ini melihat orang yang mencuri password dan akun facebooknya itu bermain Poker di depan matanya sendiri sambil mengolok-ngolok dengan ejekan bahwa orang Indonesia ini bodoh sehingga lebih mudah menghack akun facebook milik orang Indonesia ketimbang orang luar.

Dari peristiwa ini, saya rasa apa yang terjadi mungkin karena “Phising” seperti yang pernah dialami oleh Bang Ichan (admin USPC). Praktek seperti ini seringkali berhasil dilakukan kalau kita tidak menyadari bahwa website yang kita buka itu sebenarnya bukan website asli dimana akun kita seharusnya berada. Coba baca kasus yang pernah dialami oleh Bang Ichan di sini untuk lebih jelas lagi tentang praktek Phising yang memanfaatkan kelalaian kita ini.

Saran saya, berhati-hatilah sebelum membuka akun facebook anda (tidak terkecuali untuk akun lainnya seperti email maupun akun forum). Pastikan URL yang tertulis di browser sudah jelas benar, misalnya: http://www.facebook.com. Sedangkan untuk menggunakan applikasi yang tersedia di Facebook juga musti pilih-pilih dan jangan asal coba. Siapa tau (who knows) di dalamnya mengandung spyware maupun tindak yang mengarah ke phising.

Enjoy your life, walau tanpa facebook! Hehehehehe!!!!

0 comments:

Post a Comment