Install Ulang Windows + Ubuntu 8.04

forsatku Beberapa waktu yang lalu saya pernah bilang dapat kiriman dari Belanda berupa CD Installasi Linux Ubuntu 8.04.1 LTS Desktop Edition. Baru tadi sore (13 Januari 2009) terpikir di benak saya untuk menginstalnya di PC saya sekarang. Itupun saya lakukan gara-gara keseringan terserang virus ketika sedang browsing pake Windows XP SP2 membuat saya capek instal ulang melulu. Padahal saya paling tidak suka menggunakan berbagai macam antivirus. Bajakan kali ye…!!!

Installasi Ubuntu ini masih saya gandeng dengan Windows karena masih ada beberapa aplikasi yang saya butuhkan di Windows (sementara ini). Rencananya ingin migrasi full 100% ke Linux (Ubuntu) ini, tapi mau tidak mau hal itu harus saya lakukan bertahap. Lagi-lagi masalah aplikasi yang telah melekat dan akrab dipake di Windows, terutama aplikasi untuk DVB Card dan ngeblog. Terutama SkyNet, DVB Dream, dan Windows Live. Untuk aplikasi lainnya insya Allah sudah siap di Ubuntu.

Proses installasi yang sangat melelahkan ini berbuah kesenangan yang beda kali ini. Kalau kemaren-kemaren nginstal Linux hanya untuk coba-coba atau main-main, hari ini prosesnya beda sekali. Hal ini dikarenakan salah satu keinginan saya untuk menggunakan Linux adalah faktor keamanan dan kenyamanan berinternetnya. Kalau kemaren-kemaren belum berhasil berinternet di Linux gara-gara kurang pengetahuan, nah hari ini koneksi berjalan lancar.

Koneksi menggunakan HP Samsung SGH D510 saya dengan kartu Telkomsel inside berhasil tanpa banyak halangan. Begitu juga modem Venus VT-12 saya juga telah berhasil saya gunakan untuk berinternet ria di dunia maya lewat Linux (Ubuntu). Padahal sebelumnya sulit sekali dan bahkan hampir putus asa. Syukurlah masih memegang prinsip “Never Ending Learning”… Hehehe…

Maaf untuk tulisan ini belum sempat nulis tutorial, capek banget dah pukul 01.18 wib dini hari nih. Ngantuk banget pengen segera melelapkan mata. Lain waktu disambung lagi. Makasih banyak udah baca tulisan ini.

1 comment:

  1. saya ada ubuntu 8.10, donglot 2 hari 2 malam.

    tapi belom coba install, bagaimana dengan driver hadwarenya?? apakah semua lancar? baik Sound maupun VGA nya..

    ReplyDelete