WLW – Client Application for Blogging

Masih menggunakan cara lama buat posting di blog? Pasti agak complicated kan? Nah, sekarang kan dah keluar WLW versi terbaru yang sudah mendukung berbagai fitur di platform blog yang sebelumnya masih terdapat beberapa kekurangan. Contohnya saja buat Blogger dulu tidak bisa posting gambar langsung ke Picasa, sekarang WLW (Windows Live Writer) sudah mampu melakukannya.

Lengkap sudah fitur yang saya cari selama ini, foto uploading ke Blogger lewat Picasa. Menulis postingan blog sekarang menjadi sangat mudah dan menyenangkan. Sehingga saya menjadi betah berada di Blogspot. Kekurangan utama yang paling saya harapkan bisa dipenuhi sekarang sudah sip. Walaupun saya hanya menggunakan versi Beta, tapi hasilnya sudah lumayan sangat bagus.

WLW01
(Gambar 01: Contoh Posting)

Perhatikan gambar di atas, user interfacenya sangat memikat. Kita menulis serasa langsung di halaman blog yang sudah terpublished. Hal ini dimungkinkan karena di dalam Client Blog ini interface template sudah ikut didownload ketika kita menyetting account blog pada tab “Weblog –> Add Weblog Account… –> Pilihan Jenis Blog yang digunakan –> Setting Account –> Mendownload konfigurasi account”. Dan itu hanya dilakukan dalam waktu yang singkat alias cepat.

WLW02
Kemampuan WLW dalam penulisan postingan yang bisa dipreview ini didukung dengan beberapa fasilitas yang tidak kalah perlunya jika kita posting langsung di halaman web. Atau bahkan WLW mempunyai fasilitas yang sangat lengkap melebihi fasilitas yang tersedia di halaman weblog platform yang kita gunakan sekalipun.

Gambar yang akan diposting bisa kita atur penempatannya sekehendak kita, termasuk ukuran tampilan ketika blog kita dibuka lewat browser. Klik saja “Insert Image” pada icon di deretan atas atau samping kanan. Baru mengatur ukuran dan margin. Percantik hiasan gambar dengan efect, border maupun wrapping, semuanya telah tersedia.

Ingin menyimpan postingan yang kita tulis sebagai draft dulu? Klik saja Save atau CTRL+S  maka tulisan kita akan disimpan dan otomatis berada di urutan “Drafts”. Mau nyimpan seberapa banyak draft, itu terserah anda, no problem.

Setelah tulisan terpublished, maka deretan postingan pun secara otomatis diurutkan pada bagian “Recently Posted”. Di samping itu, semua item yang telah kita posting bisa dilihat kembali lewat klik pada “More… “ yang masih pada Recently Posted. Semua artikel yang telah diposting tersimpan juga di harddisk, jadi kita bisa membacanya lagi tanpa harus membuka browser ke blog kita.

WLW03
(Gambar 03: Tampilan Editing, Preview, Source dan Categories)

Perlu mengedit dalam bentuk HTML? Tinggal tekan “Source”. Saya sering menggunakan ini karena setiap kali posting dan menampilkan READ MORE saya harus memasukkan beberapa kode JAVA. Sedangkan dalam mengedit tulisannya saya tetap berada pada tab “Edit”.

Tidak lengkap sebuah tulisan jika tidak diset pada sebuah kategori tertentu. Klik saja pada Set categories dan kita bisa langsung menambah kategori lewat menu ini. Kalau di Blogger kita kenal dengan istilah “Label” juga dilakukan lewat menu Set categories. Jika kita terlanjur menekan tombol “Publish” sebelum memberikan kategori pada tulisan kita, maka secara otomatis WLW mengingatkan bahwa tulisan belum diberi kategori sembari menanyakan apakah kita yakin ingin mempublish tulisan tanpa kategori.

WLW04
(Gambar 04: Set tanggal terjadwal)

Kalau di Wordpress ada istilah postingan terjadwal, lewat fasilitas “Set publish date” kita bebas untuk mengatur tanggal berapa sebuah tulisan seharusnya diposting. Sayang sekali saya tidak bisa menggunakan fasilitas ini untuk Blogger (tidak tahu juga pada versi terakhir WLW apakah bisa).

Nah, yang belum mencoba posting di blog menggunakan cara ini, kapan lagi? Posting jadi lebih mudah, menulis di blog juga tambah semangat. Dan yang pasti buat yang tidak punya koneksi internet yang memadai, client ini bisa menghemat biaya koneksi kita karena kita tidak perlu browsing dan login ke Blogger misalnya.

Ingin download? Silakan browsing ke situs blog ini untuk mendapatkan info versi terbaru dari Windows Live Writer yang tersedia GRATIS. Atau KLIK DISINI tuk download WLW versi: 12.0.1366.1026.

Selamat Mencoba!

2 comments:

  1. iya memang betul. kalau ngeblog pakai client sungguh menyenangkan :)

    ReplyDelete
  2. kalo nulis pake WLW ada kekuranganya kaga ke SEO

    ReplyDelete