Test CPNS 2008

Sabtu, 20 Desember 2008, telah dilaksanakan test penerimaan CPNS tahun 2008 di Kabupaten Sambas. Kebetulan isteri saya juga ikutan daftar dan test. Diantar ke tempat ujian (SDN 06 – Desa Dalam Kaum – Sambas) pukul 07.05 pagi, eh taunya sebelum pukul 7.30 wib nya test udah mau dimulai (bel berbunyi).

Test kali ini beda karena kami bawa si Febri (putra saya) ke tempat test. Waduh, kalang kabut saya karena dianya nangis minta jalan-jalan. Gak ada jalan lain, saya bawa dia jalan ke Karaton Sambas aja sambil menikmati keindahan suasana pagi itu.

Setelah beberapa jam si Febri nangis lagi minta pulang. Saya bawa lagi ke tempat “mama” nya ikutan test. Sambil parkir di tepi jalan di depan SDN No. 06 itu saya liat ada teman saya waktu kuliah dulu yang datang terlambat. Tidak beberapa lama dia masuk ke ruangan terlihat keluar lagi. Sambil dibawa ke panitia lagi? Ada apa gerangan?

Setelah selesai bicara dengan sang panitia, dia pulang. Tak samperin, sambil tanya-tanya, kebetulan ada teman sekampung saya yang nginap di rumah sebelah SDN No. 06 ini, Robi AS. Alhasil setelah di-interogasi, ternyata bener dia datangnya terlambat satu jam dari jam masuk yang seharusnya. Kasihan teman saya ini… Gak bisa ikutan persaingan itu.

Dilihat dari sisi panitia, mau tidak mau ya dia memang gak bisa ikutan test tersebut, tentunya karena peraturan yang dibuat telah jelas, waktu tenggang yang diberikan hanya maksimal 15 menit setelah bel berbunyi, dan disarankan untuk hadir di tempat test paling tidak 15 menit sebelum test dimulai. PANITIA harus tegas, dan itu telah mereka lakukan, THUMBs UP for BKD Kab. Sambas.

Tapi di sisi lain dari pandangan teman saya ya, apa boleh buat dan kasihan deh pokoknya. Ya, begitulah kalo sudah bekerja pada pihak swasta, kata dia. Mereka “ditekan” untuk tidak “mencari pekerjaan lain”, yang mungkin intinya adalah PIHAK SWASTA yang memperkerjakan mereka menginginkan “keseriusan mereka”. Dan saya secara pribadi tidak ingin menyalahkan pihak manapun. Tapi, kalo bisa ya, teman saya ini musti merobah perilakunya. DISIPLIN!!!

Mudah-mudahan bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment