Fokuslah Pada Hari Ini

Hidup yang kita lalui bukanlah “kemaren” maupun “besok”, tetapi hidup itu adalah pada saat “sekarang”. Meratapi kehidupan pada waktu “kemaren” hanya menimbulkan banyak “penyesalan”, sedangkan berangan-angan untuk hari “besok” akan menimbulkan banyak mimpi-mimpi indah.

Mengapa tidak fokus saja pada kehidupan kita ini, “sekarang”?

Dengan menghargai setiap detik kehidupan yang kita lalui “sekarang”, maka fokus kita dalam beribadah akan lebih besar dan sangat kuat sehingga menimbulkan kekhusyu’an dalam setiap ibadah yang kita jalani. Contoh kecil saja, sholat. Pernahkah kita terpikir kalau sholat “Shubuh” hari ini (sekarang) itu sebenarnya sangat berbeda dengan sholat “Shubuh” pada “besok” hari? Atau, hari “Senin” ini tidaklah sama dengan hari “Senin” yang akan datang. Bulan “Muharram” tahun ini tidaklah sama dengan bulan “Muharram” tahun yang akan datang, dst.

Melalui pemikiran seperti di atas (tidak sama), insya Allah, setiap kita tidak akan menyia-nyiakan waktu yang kita miliki '”saat ini / sekarang”. Jika kita kehilangan “Shubuh” hari ini, maka kita kehilangannya untuk selama-lamanya karena “Shubuh” besok adalah “Shubuh-shubuh” yang lain.

STOP berpikiran, “ah, masih ada besok kok, besok aja sholatnya!” Itu adalah salah satu pemikiran orang-orang yang lalai, “Alladziina hum ‘an sholatihim sahuun” (yaitu orang-orang yang lalai dalam sholatnya), maaf kalo ejaannya rada error soalnya gak tamat IQRA’ saya – hik hik…!!!

Gunakanlah hari-hari yang telah lalu “kemaren” itu sebagai bahan “evaluasi”, dan jadikan lah hari-hari ke depan “besok” sebagai pemacu untuk hidup (beribadah) lebih baik lagi. Semoga bermanfaat!

2 comments:

  1. Betul... (gak ada intro, udah langsung "betul" aja ;)) )

    Tapi emang kadang (bukan kadang sih, tapi sering) kita gak bisa nahan diri buat terbuai angan akan pikiran-pikiran tentang "besok". Kalo lagi jalanin hari ini, mikirnya seakan secara default besok pasti kita bisa lebih baik (tapi ternyata belom tentu).

    Wah jadi semangat lagi nih untuk fokus ke hari ini dulu :)

    Tapi kalo terbuai angan dengan rencana nikah yang masih beberapa bulan lagi boleh kan... 8-}

    ReplyDelete
  2. gille, menyentuh lalu bang!!!
    ape agek kamek yang kuliah di jogja tok

    ReplyDelete