7 Fasilitas Menarik dari Google

Banyak sekali fasilitas yang telah disediakan oleh Google selama ini, tapi apakah kita telah memanfaatkan fasilitas tersebut semuanya? Salah satunya adalah Blogger seperti yang www.budiarno.com gunakan saat ini juga milik Google dan itu adalah Gratis! Mulai dari search engine (mesin pencari) yang No.1 itu, hingga pernak pernik gratis lainnya yang bisa dimanfaatkan lebih juah lagi. Mari kita lihat bersama!

1. Mesin Pencari (Halaman dan Layanan Utama) – Gratis.

Layanan yang satu ini sudah hadir sejak pertama kali www.budiarno.com mengenal yang namanya Mesin Pencari. Sebelum mengenal Google sempat juga make Yahoo!, tapi setelah itu sampai sekarang sudah tidak lagi menggunakan Yahoo! dengan sebab-sebab yang tidak saya ketahui. Karena merasa Google adalah segalanya mungkin. Apalagi kustomisasi pencarian yang dimiliki Google yang terkenal dengan Google Hacknya itu membuat saya betah berada di Google.

2. Email (GMAIL) – Gratis

Walaupun tergolong baru tapi lihatlah berapa ruang yang diberikan oleh Google kepada kita, besar sekali kan? Bahkan mungkin yang terbesar sepanjang sejarah email gratisan. Bahkan lagi, lebih besar dari Yahoo! ketika sang Gmail memulai layanannya. Tak tanggung-tanggung lagi, sekarang ruang yang diberikan Google telah mencapai 7 Giga-an Byte, padahal itu Gratis. Thumbs up to Google.

3. Blogger (Blog dengan subdomain Blogspot) – Gratis

Masih menjadi teka-teki seberapa besar ruang buat hosting blog gratisan di Blogger. Hingga muncul penafsiran “unlimited” dari yang menggunakan layanannya. Termasuk www.budiarno.com juga yang “powered by” Blogger. Kalau dibandingkan dengan blog hosting gratisan lainnya, sepengetahuan saya belum menemukan yang setara Blogger. Sedangkan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Blogger itu sendiri yang membuat “katanya” ramai dari blogger tidak mau menggunakan Blogspot dan pindah ke hosting lain, saya kembalikan kepada si blogger masing-masing.

Tentunya banyak alasan mengapa ramai yang “meninggalkan” Blogspot, dan masih ramai juga yang menggunakannya, bahkan saya sendiri malah pindah dari wordpress ke Blogspot. Kita bahas lain kali aja tentang kelebihan dan kekurangan Blogger.

4. Google Pages – Gratis

Mungkin layak saya katakan bahwa Google Pages adalah saingan dari Geocities, tapi beda pada ruang dan kapasitas saja. Saat ini Google Pages sudah tidak tersedia lagi buat pengguna baru GMAIL (sangat disayangkan). Di Google Pages inilah banyak rekan-rekan blogger menyimpan filenya sehingga seolah-olah dimanfaatkan untuk hosting file saja. Ruang 100 MB cukuplah buat menempatkan file-file kecil yang digunakan untuk template blog misalnya. Bahkan banyak juga file-file musik (.mp3) yang ditaruh di sini.

5. Google Site – Gratis

Menggantikan Google Pages buat pengguna baru GMAIL, Google telah menyiapkan Google Site yang lebih keren dari sebuah Google Pages. Dengan ruang yang sama Google Sites menawarkan fasilitas yang lebih, salah satunya adalah File Cabinet – atau saya lebih suka menyebutnya sebagai file hosting. Baca di sini tentang cara menggunakannya.

6. Google Picasa – Gratis

Yang satu ini adalah tempatnya hosting file-file foto dan gambar. Lumayan juga dengan ruang 1 GB yang ditawarkan, cukup lah untuk beberapa tahun ke depan. Apalagi foto-foto yang digunakan untuk Blogspot, semuanya saya naikkan ke sini. That’s why Blogspot beda dengan yang lain. File gambar yang terupload di Blogspot masuknya ke Google Picasa sehingga tidak mempengaruhi kapasitas hosting si Blogger.

7. Google Adsense – Gratis

Bagi maniak adsense dan cari uang lewat internet, ayo coba menggunakan layanan gratis yang malah dikasih duit lagi sama Google. Syarat utamanya adalah blog harus di-bahasa Inggris-kan (dalam bahasa Inggris). Ada juga yang berani memasang Google Ads di blog berbahasa Indonesia yang notabene belum dibolehkan oleh Google. Tapi jangan coba-coba! Bermainlah sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Sekian dulu bahasan tentang layanan dari Google, lain waktu saya bahas layanan lainnya. Semoga bermanfaat! Terima kasih telah mengunjungi www.budiarno.com , nantikan tulisan dari saya lainnya.

5 comments:

  1. Horeeee... saya udah pake semua, KECUALI Google Pages dan Google Site (gak ngerti alias baru tau, hehehe...) 8-}

    Tapi thanks infonya, jadi tau kan sekarang :D

    ReplyDelete
  2. kalo google pages sekarang udah gak availabel lagi buat pengguna baru... :D tapi alternatifnya kita bisa pake GoogleSites

    ReplyDelete
  3. coba kembalikan template ke Minima, lalu hapus semua widget yang ada.. baru upload template barunya.. (biasanya udah bisa)
    kalo masih blom bisa, coba dicentang "expand widget"nya biar widget yg ada dihapus oleh template baru yang akan kita upload...

    semoga berhasil...

    ReplyDelete
  4. Bagaimana tentang Google Earth, ngga di bahas juga ya.....

    ReplyDelete
  5. kebetulan ketujuh fasilitas tersebut masih ada hubungannya dengan aktivitas para blogger bang, jadi pembahasannya saya kotakkan seperti tersebut di atas saja...

    mudah-mudahan ke depan bisa bahas tentang Google Earth juga..

    Thanks telah mengingatkan.. ;;)

    ReplyDelete