Backup Template Anda

Telah berulang kali saya merobah templat blog ini, kadang saking cerobohnya layout template ini jadi hancur gara-gara lupa satu hal, "backup template". Ya, kecerobohan seperti ini memang sepertinya sepele, tapi kalau terjadi berulang-ulang rasanya mbikin cape' minta ampun. Betapa tidak, salah satu sebabnya terutama masalah 'gadget' yang terpasang di template yang sedang kita utak-atik.




Oleh karena itu, sangat disarankan dan diingatkan, setiap kali mau ganti template maupun utak-atik template, backup lah blog teman-teman selalu. Adakalanya layout yang sudah pas, ternyata di lain waktu dirasa ada yang kurang. Nah, di saat ingin ngedit yang kurang inilah kadang-kadang kita selalu buru-buru, dan dengan cerobohnya terlupa untuk melakukan backup.

Saran dari para blogger senior, lebih baik untuk utak-atik template dibikinkan blog 'coba-coba'. Bikin blog untuk kita utak-atik template. Selain akan menjadikan blog utama kita aman, dan tidak 'kalang kabut' nantinya, perubahan template ini juga pasti akan mempengaruhi kesan dari para pengunjung blog jika pada saat bersamaan kita sedang mengutak-atik template blog utama kita itu.

Logikanya, ketika tamu datang ke rumah, kita malah sedang berbenah-benah, tentunya kesannya akan beda.

Ketika template yang ingin dipasang terasa sudah pas (dalam utak-atik di blog 'coba-coba'), barulah diupload ke blog utama kita. Demikian tips kecil dari saya dan yang pernah saya baca dari blog teman-teman lain. Have a nice day!

0 comments:

Post a Comment